Minggu, 03 September 2017

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Komputer

Posted on Minggu, 03 September 2017
Jendela Dunia | Cara mengembalikan file yang terhapus dari komputer - Pernahkan Anda melaksanakan ke tidaksengajaan menghapus file secara permanen padahal file itu penting? Atau file Anda tergoda oleh virus dan sebagainya. Mungkin cara ini dapat mengatasinya.

Cara ini memang tidak 100% berhasil alasannya yakni setiap file jenisnya beda-beda biasanya untuk yang ukuran .exe masih mudah untuk dikembalikan tapi jikalau sudah ke format yang lain menyerupai .JPG .WMV agak sulit.

Oke jadi apa yang harus kita lakukan? Simak ulasan berikut yang telah saya rangkum dibawah ini!

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen pada PC

1. Manual


Cara pertama yang mesti Anda lakukan yakni dengan cara manual melalui Windows , walaupun cara ini membutuhkan jangka waktu agak lama untuk mengembalikannya.

Pertama yang harus Anda lakukan yakni mengingat dimana terakhir kali eksistensi file tersebut sebelum anda menghapusnya baik secara sengaja ataupun secara tidak sengaja. Sebagai pola disini admin akan mengambil directory pada "Download" , lalu klik kanan pada mouse anda dan tekan "Properties" pada sub menu paling bawah.


Cara manual Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen

Setelah itu klik tombol "Previous Versions" pada terakhir atau paling ujung kanan.
mengembalikan File yang terhapus permanen dari komputer

Cara manual Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen

Lihatlah apakah memang ada file yang terhapus disana. Bila ada pesan tidak diketemukan , berarti file tersebut belum lama terhapus , tunggulah 3-5 bulan dan cek hasilnya. Bila masih tidak mampu , mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya!

Baca juga postingan Cara Memasang Alarm di PC

2. Dengan menggunakan software



Cara ini dapat dijadikan cara alternatif atau cara ke-2 setelah gagalnya cara manual diatas , yaitu dengan santunan software. Disini admin akan membagikan beberapa software yang mungkin dapat mencari file yang telah terhapus tersebut. Berikut listnya:
  1. Undelete Plus
  2. Restoration
  3. PC Inspector File Recovery
  4. Recuva
Untuk isyarat cara pemakaian pada setiap software , silakan Anda cari di Google.

3. Mengecek di Recycle bin


Cara 3rd untuk mengatasi persoalan ini yakni dengan mengeceknya di Recycle bin , siapa tahu file tersebut belum dihapus permanen oleh anda dan masih tersimpan oleh tong sampah pada Windows. Caranya yakni dengan mengunjungi halaman beranda atau Desktop pada komputer , lalu cari Recycle bin hingga ketemu , cek apakah file yang anda maksud masih berada disana.


Recycle Bin


Semoga bermanfaat.