Minggu, 11 Juni 2017

7 Mesin Telusur dengan Pencarian Akurat Selain Google

Posted on Minggu, 11 Juni 2017
Jendela Dunia |
Mesin penelusur


Kalau kau sedang jalan masuk Internet untuk menjelajah , apa yang kali pertama terlintas di benakmu? Mesin Pencarian Google bukan? Tak heran sebab 2/3 penjelajah online kini menggunakan Google sebagai alat penelusurannya. Seakan-akan Google sudah menjadi Internet-nya saja , sudah benar-benar menguasai dan merajalela.

Contoh kasus begini:

Tono: "Bro , cara bikin skripsi yang cantik gimana sih?"
Andi: "Wah , mampu panjang penjelasannya. Mending cari aja di Internet Google."

Apakah kau salah satu dari sekian banyak orang yang terjangkit "virus" Google? Sering kali "mengangkit" nama Google dalam mereferensi suatu persoalan? Hal tersebut wajar. Google memang membangun urusan ekonomi dengan tangkas dan memberi dampak globalisasi terhadap seluruh lapisan masyarakat.

Namun demikian , perlu kau ketahui bahwa masih banyak sekali mesin telusur selain Google yang enggak kalah cepat dan akurat dalam menampilkan data-data yang kau telusuri. Apa sajakah itu? Simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Cara Memasukkan Lokasi Bisnis di Google Maps

7 mesin pencari alternatif Google


1. Yahoo

Penelusuran YahooYahoo ialah layanan mesin telusur terkemuka yang diemban oleh Yahoo. inc. Mesin telusur yang dirilis pada tahun 1996 ini memiliki cukup banyak kelebihan. Kelebihan yang paling menonjol ialah adanya fitur shopping. Di sini kau dapat mencari aneka macam macam barang dengan harga yang telah dicantumkan di sana serta kau dapat membeli barang tersebut dengan cara online.


2. Bing

Bing mesin penelusurBing merupakan mesin telusur milik perusahaan terkemuka , siapa lagi bila bukan Microsoft. Salah satu kelebihannya ialah terdapatnya desain gambar yang ditampilkan saat kau mengunjungi situs Bing.com. Kelebihan lain dari Bing terletak pada fitur xRank yang memungkinkan kau untuk memperoleh data rujukan pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh para penelusur Bing.

3. Ask

mesin penelusurAsk ialah sebuah layanan mesin pencari veteran yang sempat populer pada tahun 1996. Ask.com atau yang juga dikenal sebagai Ask Jeeves ini telah diakuisisi oleh perusahaan InterActiveCorp (IAC) pada tahun 2005. Ask.com menyediakan layanan membuatkan akomodasi terhadap para pemakainya untuk bertanya guna memperoleh tanggapan yang relevan. Ask.com juga menyediakan layanan pencarian yang lebih luas dan lengkap. Tak hanya mengusung model Q&A (question and answer) saja , Ask.com juga menyediakan layanan membuatkan hasil pencarian yang berhadapan pribadi dengan layanan Google.

4. Lycos

Lycos Mesin penelusurSalah satu kelebihan dari Lycos ialah sanggup menampilkan pratinjau gambar (tumbnail preview) situs web dari kata yang kita masukkan. Lycos sendiri merupakan mesin telusur yang tak sedikit menekankan pada isu yang berorientasi pada hiburan dalam pengertian yang luas. Lycos diperkenalkan kali pertama oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994 , yang kemudian berkembang menjadi sebuah perusahaan. Kemudian pada tahun 1995 , Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan ini.

5. WebCrawler Web Search

Webcrawler web searchKelebihan dari Web Crawler ialah dapat mencari kata yang dimasukkan ke empat mesin pencari sekaligus. Mesin ini bakal mencari nama meta (meta name) yang tertanam di suatu situs lalu mencari kata yang sesuai dengan pencarian terbaik (top results) pada masing-masing mesin telusur tersebut. Pemilik situs mesin pencari ini tak lain ialah InfoSpace yang telah dihadirkan pada 20 April tahun 1994 lalu dan dibangun oleh Brian Pinkerton.

6. Dogpile Web Search

Dogpile mesin penelusurHampir sama dengan WebCrawler , jasil pencarian yang ditampilkan Dogpile ialah kumpulan dari mesin telusur terbesar menyerupai Google , Yahoo , dan Windows Live Search. Sehingga kau tak bakal kesusahan memperoleh isu yang lebih banyak alih-alih hanya andalkan satu mesin telusur saja.

7. AOL Search

AOL Mesin penelusurKalau mesin pencari yang satu ini  mengambil hasil penelusurannya melalui data-data di Google. Oleh sebab itu , Aol dapat dijadikan alternatif terbaik dikala Google mengalami kemunduran (down).

Diantara ketujuh situs pencarian di atas , apakah kau pernah mencoba salah satunya?