Minggu, 18 Juni 2017

Cara Membuat Game Sederhana di Komputer untuk Pemula

Posted on Minggu, 18 Juni 2017
Jendela Dunia |
Cara Membuat game di komputer dengan GameMaker


"Membuat game? Pastilah itu suatu perkara yang sulit , hanya orang-orang tertentu yang dapat memproduksinya." Bila kau masih beranggapan demikian , kau salah. Di kurun yang sudah makin canggih ini , kau dapat mengasah kemampuan untuk mencoba membikin game sederhana di komputer dengan mudah dan gratis.

Seiring berkembangnya zaman , hadirlah GameMaker Studio , sebuah perangkat lunak gratis yang berkhasiat sebagai alat pembangun game. Perangkat lunak yang dihadirkan oleh YoYo Games ini dapat kau instal gratis di PC , Android , Windows Phone , PS3 , dan banyak lagi. Namun , mengikuti judul entri yang tertera di atas , penulis hanya akan mengurai panduan membuat game untuk komputer khusus pemula.

GameMaker Studio sangat mudah digunakan , Kamu enggak perlu pusing-pusing membeli buku tebal untuk mempelajari bahasa pemrograman menyerupai Java , C , atau Visual Basic alasannya ialah perangkat lunak ini memang diciptakan untuk pemula. Selain itu , kau dapat membuat game berdikari dengan hemat waktu bahkan dalam hitungan jam saja , tidak perlu menunggu waktu berhari-hari , berminggu-minggu , atau bahkan berbulan-bulan.

Baca juga: 10 Laptop Gaming Termudah Dibawah 5 Juta.

Contoh game yang dihasilkan lewat GameMaker Studio terbukti banyak , tetapi di sini penulis akan menampilkan cuplikan dari beberapa yang terbaik. Kamu bisa melihatnya melalui gambar berikut:
Hasil membuat game komputer dengan GameMaker
Beberapa hasil karya pembuatan game menggunakan GameMaker
Bagaimana? Sudah layaknya game profesional bukan?

Sudah siap? Mari kita mulai...


Cara membuat game di komputer untuk pemula

  • Langkah pertama , silakan unduh dan instal terlebih dahulu GameMaker Studio-nya. Untuk mengunduhnya , silakan susukan tautan berikut; http://www.yoyogames.com/studio/download lalu pilih tombol Download GameMaker: Studio.
  • Setelah selesai , mari kita mengenal tampilan serta dasar-dasar penggunaan GameMaker Studio menyerupai yang ditampilkan beberapa video berikut:

1# GameMaker Studio Interface

Video pendek ini akan memberi Anda pemahaman mengenai tampilan GameMaker. Ini akan menjelaskan sumber daya yang berbeda yang termasuk dalam game yang dibuat dengan GameMaker.


Selanjutnya , tutorial membuat game menggunakan GameMaker Studio untuk pemula.

2# Membuat sprites , objek , dan rooms

Pada tutorial ini akan memberikan cara untuk membuat sprite , objek , dan ruangan (rooms). Anda akan membuat dan nama sumber Anda menggunakan konvensi penamaan yang tepat.


3# Belajar menggunakan Sprite Editor

Dalam tutorial ini Anda akan berguru menggunakan Sprite Editor , termasuk gambar , pengaturan transparansi , membuat beberapa musuh dari yang asli , dan menciptakan trik animasi.


#4 Memperkenalkan events & actions

Video ini akan memberikan tutorial membuat events dan actions untuk objek. Events dan actions dapat memberitahu apa yang harus dilakukan dalam permainan tersebut.


5# Membuat animasi objek bergerak

Video ini akan membantu Anda dalam membuat objek yang bergerak secara otomatis dalam GameMaker.


#6 Menambahkan background dan suara

Tutorial ini akan memberikan bagaimana cara menambahkan bunyi dan background untuk permainan Anda di GameMaker.


Bila kau berhasil menerapkan keenam langkah yang dipaparkan video di atas , selamat! Kamu lulus pada percobaan membuat game menggunakan GameMaker Studio tingkat pemula.

Apa langkah selanjutnya?

Mempelajari dan mengaplikasikan tutorial menggunakan GameMaker Studio untuk tingkat menengah dan tingkat mahir. Untuk yang ini , penulis tidak dapat memaparkan tutorialnya di sini. Namun , kau tidak perlu khawatir , kau tetap dapat mencoba menuju langkah selanjutnya dengan mengikuti bab-bab di bawah ini:

Tingkat menengah


Tingkat mahir

Proyek


Sampai di sini selesailah postingan untuk cara membuat game menggunakan GameMaker Studio. Rajin–tekunlah kau dalam membuat percobaan. Panduan ini dibuat sebagai tonggak dasar saja , selanjutnya silakan kau pelajari dan praktikkan secara berdikari untuk langkah-langkah selanjutnya.

Kesimpulan

Yuk kita sepakati bersama , untuk sukses dalam membuat game kau tidak dapat selamanya mengandalkan alat pembantu berupa perangkat lunak. Namun , tidak menutup kemungkinan apabila kau sungguh-sungguh dalam menekuni hal ini , kau dapat menjadi vendor suatu game komputer!