Selasa, 06 Juni 2017

Cara Memperbesar Kapasitas RAM Komputer dengan Mudah

Posted on Selasa, 06 Juni 2017
Jendela Dunia | Cara menambah RAM komputer dengan mudah


RAM atau random-access memory merupakan bab perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data-data komputer dalam jangka panjang dan menjalankan program-program selama komputer tersebut menyala. Semakin besar kapasitas RAM , maka semakin lancar kegiatan yang dijalankan.

Untuk Anda pecinta game komputer , tentunya bermain game-game berat tanpa lemot yakni harapan tersendiri. Namun apa alhasil jika RAM yang dimiliki tidak sesuai keinginan? Tentunya ini memberi problem bagi Anda. Anda ingin RAM yang besar , namun apakah ada cara untuk melakukannya? Ternyata ADA! Saya mempunyai trik untuk menambah kapasitas RAM dengan mudah . Metode ini kita ambil dari sedikit bab dari hard disk untuk dijadikan virtual RAM.


Cara meningkatkan ukuran RAM komputer

  • Klik Start Menu > Klik kanan pada Computer/ My Computer > Properties
    Langkah #1 Menambah Ukuran RAM Komputer
    Start Menu > Computer > Properties
  • Setelah itu pilih Advanced system settings.
    Langkah #2 Menambah Ukuran RAM Komputer
    System > Advanced system settings
  • Pada tab menu Avanced [1] , di bawahnya Anda akan melihat Performance , User Profiles , dan Startup and Recovery. Silakan Anda klik tombol 'Settings...' di Performance. 
    Langkah #3 Menambah Ukuran RAM Komputer
    Advanced > Settings
  • Selanjutnya , pilih menu tab Advanced [2] lalu klik tombol Change... 
    Langkah #4 Menambah Ukuran RAM Komputer
    Advanced > Change...
  • Hapus checklist dari 'Automatically manage paging file size for all drives. Pilih partisi HDD yang ingin Anda jadikan memori RAM virtual. Contohnya menyerupai pada gambar di atas , Local Disk E: memiliki sejumlah 22011 MB , saya ingin mengalokasikannya menjadi 4000 MB pada Initial Size , dan 7000 MB pada Maximum Size. 
    Langkah #5 Menambah Ukuran RAM Komputer
    Pengaturan pada Virtual Memory.
  • Langkah terakhir , pilih tombol OK untuk menyimpannya.

Sekarang Anda mampu mencoba menjalankan game atau kegiatan lainnya yang tadi berat untuk dijalankan. Seharusnya setelah memakai cara ini terjadi peningkatan performanya.

Pelajari lebih dalam mengenai virtual memory pada Windows.