Rabu, 31 Mei 2017

10 Cara Menurunkan Berat Badan Hingga 5 kg dalam Seminggu

Posted on Rabu, 31 Mei 2017
Jendela Dunia |
Cara menurunkan berat tubuh secara efektif


Berat tubuh masih jadi permasalahan umum yang sedang hangat diperbincangkan , baik bagi kaum Adam maupun kaum Hawa. Miliki berat tubuh yang ideal tentunya didambakan oleh tiap orang , tidak terlalu berisi , juga tidak kurus kering. Tubuh yang terlalu gemuk membuat seseorang jadi tidak percaya diri , dan dari situlah dimulai kegiatan yang namanya "diet". Sebetulnya kegiatan ini tidak dilarang , namun menjadi tidak lazim apabila dilakukan secara berlebihan dan membuat tubuh kita dipaksa tidak menelan makanan apapun.
Berat tubuh berlebihan
Berat tubuh jadi problem bagi tiap kalangan.

Selain itu , diet nekat menyerupai tadi juga dapat menimbulkan tubuh terserang banyak sekali penyakit. Tidak beranjak di situ , rasa lapar dapat membuat emosi tinggi dan stres. Stres dapat memicu tumbuhnya basil pada permukaan kulit menyerupai nanah dan komedo.

Makara sudah semakin terang , menurunkan berat tubuh dengan cara diet berlebihan teramat tidak efektif. Lagipula ternyata masih ada cara menurunkan berat tubuh yang mudah dilakukan namun menawarkan hasil yang menjanjikan. Lantas apa saja cara tersebut? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Cara menurunkan berat tubuh secara efektif


1. Mencari acara diet ringan yang cocok

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah menelusuri mana acara diet yang cocok untuk Anda lakoni. Program yang sekiranya tidak menganggu acara keseharian Anda dan dapat Anda lakukan secara rutin. Contohnya acara diet menyerupai obsessive-compulsive disorder (OCD) , konvensional , mayo , dan lain sebagainya.


2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan secara rutin

Buah dan sayur merupakan pola asupan bergizi yang kaya akan serat. Makanan yang memiliki kadar serat tinggi sangat mudah dicerna oleh tubuh. Sayur dan buah juga memiliki kadar lemak yang rendah (kecuali avokad) , makanya sangat disarankan kedua jenis makanan ini dijadikan menu diet harian Anda.

Beberapa buah yang mempunyai serat tinggi , antara lain ialah pir , pepaya , jambu biji , dan anggur. Sayur yang mempunyai serat tinggil , antara lain ialah brokoli , lobak , bayam , labu , kembang kol , kubis , dan sayuran hijau lainnya.

Agar lebih optimum , kombinasikan sayur dengan buah-buahan. Konsumsilah 1-3 kali dalam sehari. Buah-buahan menyerupai pisang dan avokad lebih baik Anda hindari alasannya ialah secara ilmiah memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

3. Olahraga dengan teratur

Bila Anda memiliki cukup waktu untuk sedikit berolahraga , kerjakanlah. Jangan sia-siakan waktu tersebut , setidaknya sisihkan 30 menit waktu Anda untuk melatih persendian. Dalam konteks ini mampu dengan olahraga jenis apa saja , menyerupai senam , jogging , lari di kawasan , berenang , dan lain-lain. Yang penting dapat mengkremasi lemak dalam tubuh Anda , selama tidak membahayakan bagi diri Anda sendiri.

4. Atur pola makan yang tepat

Dalam acara diet yang Anda lakukan , silakan siapkan secarik kertas , catat makanan apa saja yang mampu Anda konsumsi , lalu berapa kali Anda harus mengonsumsi makanan tersebut dalam sehari (usahakan tak lebih dari tiga kali) , dan kapan Anda harus mulai mengonsumsinya. Terlihat sepele , tetapi mampu fatal jadinya bila diremehkan. Contohnya bila Anda telat makan , Anda akan lebih cepat lapar dan akhirnya tidak mampu menahan diri untuk mengambil porsi makan yang tidak seharusnya.

Waktu yang disarankan untuk mengomsumsi makanan ialah pagi (7—9) , siang (12—13) ,  dan sore hari (15—19). Hindari makan pada larut malam , alasannya ialah menurut riset , tidur sehabis makan tidaklah baik bagi pencernaan.

5. Ganti sarapan Anda dengan sereal atau oat

Ketika sarapan , usahakan jangan mengonsumsi makanan berlemak. Konsumsilah makanan yang mengandung protein serta serat tinggi untuk membantu mempertahankan berat tubuh Anda. Contohnya menyerupai sereal , oatmeal , dan makanan ringan yang mengandung gandum.

6. Minum air putih minimum delapan gelas sehari

Air putih dapat menghilangkan dehidrasi dan membantu proses metabolisme tubuh. Saat menjalankan acara diet , sebaiknya sediakan sedikitnya delapan gelas air putih untuk Anda konsumsi setiap harinya.

Jangan lupa untuk selalu awali kegiatan makan Anda dengan mengomsumsi segelas air putih , hal ini dapat menambah rasa kenyang sehingga nafsu makan Anda berkurang.

7. Kurangi makanan berkalori tinggi

Cara menurunkan berat tubuh selanjutnya yaitu dengan mengurangi makanan dengan kalori tinggi. Pada dikala memulai kegiatan diet , pastikan Anda mengurangi makanan-makanan yang mengandung banyak kalori. Contohnya menyerupai nasi , mie instan , daging babi , dan sebagainya. Konsumsi kalori tak lebih dari 2000 kkal demi menurunkan berat tubuh Anda.

8. Hindari tidur terlalu malam

Kurang tidur juga dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk. Mengapa demikian? Karena dikala kita tidur kurang dari yang seharusnya (normalnya delapan jam) , gula darah dan produksi insulin akan meningkat sehingga memicu tubuh jadi mudah merasa lapar. Tidak hanya itu , kurang tidur juga menyebabkan resistensi insulin yang membuat tubuh menyimpan banyak lemak.

9. Ubah mindset Anda

Banyak orang yang terlalu khawatir dengan berat badannya yang kian lama kian meningkat , akhirnya jadi pesimistis dalam melaksanakan kegiatan apapun untuk menurunkan berat badan. Pola pikir menyerupai inilah yang harus dijauhi , alasannya ialah kalau Anda berpikir demikian maka tidak ada motivasi yang muncul untuk mengubahnya. Yakinlah , bahwa yang Anda kerjakan pasti memberi hasil positif.

10. Konsultasi pada pakar atau orang yang berpengalaman

Jika Anda memiliki sobat yang mempunyai pengalaman berhasil dalam acara diet yang dilaksanakannya , Anda mampu tanyakan bagaimana cara ia melakukannya. Lalu Anda mampu mengaplikasikannya dalam keseharian Anda. Bisa juga Anda konsultasikan pada dokter atau andal gizi terdekat.

Setelah tujuh hari , kini waktu yang sempurna untuk menimbang berat tubuh Anda kembali

Setelah semua langkah-langkah di atas telah berhasil Anda lakukan , maka kini saatnya untuk menimbang berat tubuh Anda kembali. Dan selamat , apabila setelah mempraktikkan cara ini berat tubuh Anda berkurang. Bila belum , tingkatkan lagi , masih ada Minggu berikutnya!

Baca juga: