Rabu, 30 Agustus 2017

Kapan Email di Temukan dan Siapa Penemunya?

Posted on Rabu, 30 Agustus 2017

Sepertinya usia email sudah ada lama sekali. Tapi sebenarnya usia artikel saat artikel ini dibuat adalah tepat 46 tahun sejak email pertama dikirim oleh orang yang dikreditkan sebagai penemunya, insinyur Ray Tomlinson, pada hari Rabu tanggal 8 Juni 1971.

Ray Tomlinson adalah penemu email, ia seorang insinyur komputer yang bekerja untuk sebuah perusahaan yang telah disewa untuk membantu membangun Arpanet, pendahulu Internet, pada saat itu.

Dan jika Anda bertanya-tanya, pesan email pertama itu hanya mengatakan: 'QWERTYUIOP' yang menurut para pecinta teknologi adalah garis paling atas huruf pada keyboard QWERTY standar. Sebagian besar email yang dikirim hari ini lebih dari 90% volume email adalah spam.

Tapi jangan sampai penggunaan email mencemari fakta bahwa tanpanya hidup kita tidak akan sama, dan dengan cara yang sangat positif. Email adalah, dalam banyak hal, kembali ke zaman penulisan huruf dan sebagai penulis sendiri, saya tidak dapat melihatnya sebagai sesuatu yang sangat positif.

Penelitian oleh Sky Broadband telah menemukan beberapa fakta menarik terkait email:

  • 42% orang Inggris belum mengirim surat via snail mail dalam enam bulan terakhir.
  • 51% pekerja Inggris lebih suka mengirim email daripada mengangkat telepon ke kolega, padahal hanya 24% yang akan melakukan sebaliknya.
  • 25% orang Inggris tidak ingin atasan mereka melihat email yang mereka kirim di tempat kerja, dan 11% telah menggoda 'seseorang yang seharusnya tidak mereka miliki' melalui email.

Jadi, selamat ulang tahun ke-46 buat email. Tapi saya bertanya-tanya apakah email masih akan digunakan pada tahun 2070?

Artikel terkait: