Kamis, 04 Mei 2017

11 Cara Merawat Laptop Agar Waktu Pemakaian Bisa Tahan Lama

Posted on Kamis, 04 Mei 2017
Jendela Dunia |
cara merawat laptop supaya tahan lama dan awet


Cara merawat laptop yang mudah dilakukan - Di kurun teknologi sekarang ini siapa yang tidak mengenal laptop dan tidak memilikinya? Harga laptop yang semakin terjangkau membuat hampir semua orang memilikinya.

Meskipun begitu tentu kita tidak serta merta mampu dengan mudah menggantinya ketika laptop kita bermasalah , pastilah kita akan berpikir dua kali jikalau mau membeli laptop baru. Tentu kita semua ingin laptop kita tahan lama dan langkah mudah membuat laptop kekal yaitu merawatnya dengan baik. Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar. Jika Anda satu di antara mereka , Anda perlu melaksanakan hal di bawah ini.


Kebersihan laptop

Jauhkan cairan dari laptop

Banyak orang yang terbiasa bekerja sambil minum kopi dan seringkali mereka tidak sadar menaruh gelas kopinya di samping laptop yang tentu sangat riskan gelasnya tersenggol dan cairan kopi tumpah ke atas laptop.

Cairan dalam bentuk apapun mampu merusak komponen internal laptop yang mampu berakibat membuat corrupt semua data yang tersimpan. Selain itu cairan yang tumpah mampu membuat tombol keyboard lengket dan ada kemungkinan tombolnya tidak akan berfungsi lagi. Makara letakkan gelas minum anda jauh-jauh dari laptop ketika bekerja.

Jauhkan makanan dari laptop

Remah-remah makanan yang kecil mampu masuk ke sela-sela tombol keyboard dan membuat tombolnya tidak mampu ditekan sempurna. Remah makanan juga mampu mengundang semut atau serangga-serangga lain dan membuat penampilan laptop tidak sedap dipandang alasannya yaitu kotor.

Bersihkan tangan sebelum menggunakan laptop

Laptop memiliki lapisan pelindung di semua permukaannya termasuk di keyboard dan track pad. Lapisan ini mampu terhapus alasannya yaitu kotoran dan minyak yang menempel di jari dan pergelangan tangan. Biasakan membersihkan tangan sebelum menggunakan laptop kita tetap bersih dan mulus.

Bersihkan laptop secara berkala

Cara membuat laptop tahan lama kuncinya yaitu menjaga keberihannya. Kotoran yang menumpuk mampu menghalangi keluarnya hawa panas yang dihasilkan mesin laptop , kesudahannya laptop akan overheat dan mampu memperpendek usia laptop. Secara rutin bersihkan laptop terutama di sela-sela tombol keyboard , di kipas dalam , dan di pinggiran layar.

Layar monitor

Mencegah kerusakan layar. LCD laptop yaitu komponen penting di laptop kalau retak , gores , atau pecah bagaimana anda mampu menggunakan laptop dengan nyaman? Pastikan ketika anda hendak menutup laptop tidak ada barang tergeletak di atas keyboard (klip kertas , pensil , pulpen). Walaupun barang-barang ini ukurannya cukup besar namun masih saja ada orang yang ceroboh dan tidak melihatnya ketika menutup laptop. Usahakan menutup laptopnya dengan lembut supaya engselnya tidak lekas rusak.

Mengangkat laptop

Saat mengangkat laptop , posisi LCD harus berada di atas jadi tangan kita memegang adegan alas. Jika laptop diangkat dalam keadaan terbalik , mampu saja tangan kita terlalu menekan LCD dan merusaknya.
Hati-hati meletakkan barang di atas laptop.

Meletakkan barang berat di atas laptop baik dalam keadaan terbuka atau tertutup mampu merusak komponen laptop ibarat LCD , keyboard , optical drive (CD-ROM). Jika LCD sering tertekan benda berat , akan tampak garis atau blind spot di LCD.

Mobilitas

Jangan biarkan laptop terpapar perubahan suhu drastis

Perubahan suhu drastis mampu berakibat fatal bagi laptop Anda. Saat suhu berubah drastis kepingan-kepingan metal di dalam laptop akan mengembang dan mengkerut dengan cepat. Jika ketika itu laptop dalam keadaan menyala , perubahan bentuk ini mampu menyebabkan retakan dan menyebabkan kerusakan data parsial atau total. Perubahan suhu juga mampu menyebabkan kondensasi di dalam laptop yang mampu menyebabkan korsleting di dalam.

Jangan tinggalkan laptop di dalam kendaraan. 

Suhu di dalam kendaraan mampu menjadi sangat panas yang akan merusak laptop. Selain itu meninggalkan laptop di dalam kendaraan beroda empat mampu mengundang maling untuk mencurinya.
Gunakan tas laptop. Tas laptop sudah dirancang khusus untuk melindungi laptop dari segala benturan ukiran , atau bantingan. Jika tas Anda bukan tas khusus laptop , gunakan kantong laptop sebelum memasukkannya ke dalam tas.

Daya laptop

Jangan menarik kabel laptop

Menarik kabel laptop mampu merusak kabel , soket dan kepala charger.

Hemat energi

Matikan laptop jikalau kira-kira Anda tidak akan memakainya selama lebih dari dua jam kemudian. Hal ini dilakukan untuk menjaga pemakaian daya laptop.

Merawat baterai

Jangan biarkan baterai laptop Anda benar-benar kosong sebelum Anda akhirnya memutuskan menchargenya. Lakukan charge ketika baterai di posisi low-battery atau ketika muncul notifikasi di layar laptop dan jangan biarkan charger tetap terpasang walaupun baterai sudah terisi penuh. Hal ini akan memperpendek usia baterai laptop.

Begitulah beberapa cara membuat laptop tahan lama. Semoga artikel ini memiliki kegunaan untuk Anda.