Senin, 22 Mei 2017

11 Manfaat Madu Paling Dahsyat Bagi Kesehatan & Kecantikan

Posted on Senin, 22 Mei 2017
Jendela Dunia |
Manfaat madu


Siapa sih yang tidak tahu madu? Pastilah semua orang tahu cairan manis layaknya sirup yang satu ini. Ya , madu memang sudah lama dikenal sebagai cairan manis yang mempunyai banyak faedah. Madu telah dipercaya semenjak ratusan tahun lalu dalam bidang kesehatan maupun kecantikan , maka tak heran mengapa banyak obat-obatan yang mengandung madu karena memang manfaat madu sangat beragam.

Madu mengandung banyak mineral , menyerupai natrium , magnesium , kalsium , alumunium , zat besi , silika , klorin , kalium , dan fosfor. Selain itu , madu juga mengandung banyak sekali vitamin , menyerupai asam askorbat , piridoksina , niasin , tiamina (B1) , riboflavin (B2) , biotin , asam folat , dan vitamin K. Sedangkan enzim madu yakni glukosa , diastase , invertase , proksidase , oksidase , dan lipase. Seluruh zat tersebut berkhasiat masing-masing dalam proses metabolisme tubuh.

Simak juga 13 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Analisis madu secara umum:
  • Fruktosa: 38.2%
  • Glukosa: 31.3%
  • Air: 17.2%
  • Gula: 1.5%
  • Sukrosa: 1.3%
  • Abu: 0.2%
  • Lain-lain: 3.2%

Manfaat madu dalam bidang kesehatan maupun kecantikan , antara lain sebagai berikut:


Manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu memiliki zat antioksidan dan antimikroba yang membantu melawan abses dari virus , basil , dan jamur. Secara umum , madu memiliki zat antioksidan yang rendah. Oleh alasannya yakni itu , carilah madu yang memiliki kadar antioksidan yang tinggi.

  • Hati-hati! Jangan pernah menunjukkan madu untuk anak di bawah satu tahun , alasannya yakni sistem imunitas mereka tidak dapat menangkal terjadinya botulisme infantil yang dilakukan oleh spora madu. Dapat menyebabkan kematian.

    2. Obat luka paling ampuh

    Hasil studi oleh para ilmuwan dari Cardiff Metropolitan University di Wales menyatakan bahwa madu efektif berupaya dalam menanggulangi abses pada luka serius dan juga menghambat pergerakan basil di dalam luka.


    Salah satu madu alami terbaik yang bisa mengatasi luka yakni HDI Clover Honey. HDI Clover Honey memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang berpengaruh sehingga membuat luka cepat kering dan mengurangi pertumbuhan bakteri.

    Selain HDI Clover Honey , ada juga surgihoney yang ditemukan oleh rumah sakit Hampshire. Dalam riset terakhir , ditemukan bahwa luka-luka dan peradangan yang disebabkan abses dapat disembuhkan dalam beberapa hari oleh madu jenis ini.

    3. Membantu menurunkan kolesterol

    Kolesterol bukanlah penyakit gres , akan tetapi banyak orang yang menganggap bahwa penyakit ini hanyalah duduk perkara sepele. Padahal tidak demikian , kalau dibiarkan terus kolesterol dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih berbahaya. Salah satu permasalahan yang sering timbul yakni terdapatnya kerusakan pada fisik.

    Nah , salah satu cara ampuh untuk memerangi kolesterol ialah dengan mengonsumsi madu secara rutin. Meski madu memiliki rasa manis karena mengandung gula , namun jangan khawatir alasannya yakni madu hanya mengandung zat gula alami dan rendah , terbukti tidak menyebabkan lonjakan gula dalam darah.

    Di dalam madu juga terdapat beberapa asam organik yang terdiri dari asam aksetat , asam malat , asam laktat , asam tartarat , asam format , dan asam glikolat. Yang mana seluruh asam tersebut membantu mencegah sel kanker dan membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

    4. Meredakan tenggorokan gatal dan batuk

    Salah satu cara menghilangkan tenggorokan gatal dan batuk secara efektif ialah dengan mengonsumsi madu. Untuk hasil yang maksimal , minumlah sesendok madu yang dicampurkan dengan teh jahe setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

    5. Menghilangkan alergi

    Manfaat madu yang ke-5 yakni dapat menghilangkan alergi. Alergi disebabkan oleh banyak aspek , contohnya menyerupai makanan , obat-obatan , sengatan serangga , terkena bulu hewan , dan lain sebagainya. Selama alergi masih aktif , maka akan menyebabkan banyak sekali gejala menyerupai batuk , bersin , gatal pada mata , dan lain-lain.

    Terbukti , mengonsumsi madu secara rutin dapat menghilangkan alergi. Di dalam madu terdapat serbuk sari dan materi lain yang efektif menghilangkan alergi dalam beberapa hari. Madu lokal sangat direkomendasikan karena mengandung sari tanaman yang dapat menghambat terjadinya alergi.

    6. Meningkatkan stamina dan vitalitas pada pria

    Kalau yang ini tentu Anda sudah tidak absurd lagi. Ya , madu dikenal mempunyai segudang manfaat , salah satu manfaat yang paling populer yakni madu dapat meningkatkan stamina , juga dapat mengencangkan vitalitas pria. Ini dikarenakan madu memiliki zat gula dan karbohidrat yang baik sehingga membantu tubuh menerima banyak energi.

    7. Menjaga kulit supaya terhindar dari kotoran

    Madu memiliki antioksidan alami sehingga menjadikannya ideal untuk membersihkan kulit dari kotoran. Selain itu , madu juga memiliki sifat pelembab sehingga dapat menghaluskan kulit yang kering dan pecah-pecah.

  • Mencampurkan madu dengan susu menjadikannya lebih efektif dalam perawatan kulit.

    8. Mencegah penyakit diabetes melitus

    Diabetes melitus atau sering disebut sebagai penyakit kencing manis yakni penyakit yang cukup kronis , di mana tubuh tidak lagi bisa memanfaatkan insulin sehingga terjadi penumpukan glukosa dan menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah. Insulin merupakan salah satu hormon pangkreas yang berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. 

    Ya , hampir sama dengan kolesterol , namun gejala dan sebab-akibatnya tentu berbeda.

    Kandungan peptida dalam madu membantu proses pencernaan sehingga dapat mencegah pelepasan glukosa ke dalam pedoman darah. Meskipun demikian , penggunaan madu dalam rangka mengobati penyakit diabetes melitus masih menjadi pro dan kontra alasannya yakni madu memiliki kalori yang cukup tinggi.

    9. Memperkuat daya ingat

    Seperti yang telah diketahui sebelumnya , madu memiliki banyak sekali mineral. Dalam penelitiannya , madu ditemukan dapat menghindari dari keletihan kinerja otak. Konsumsi madu di pagi hari sebelum memulai acara yakni waktu yang paling optimal.

    10. Mengatasi penuaan dini

    Menjadi renta merupakan kondisi yang pasti akan terjadi untuk setiap insan , namun menjadi renta dalam usia dini yakni hal yang patut dikhawatirkan dan dicegah. Salah satu teknik pengobatannya yakni dengan menggunakan madu murni.

    Seperti pada poin ke-7 , madu memiliki sifat pelembab yang membantu melembabkan dan menutrisi kulit sehingga dapat mencegah penuaan dini.

    11. Meningkatkan nafsu makan

    Kehilangan nafsu makan merupakan hal yang biasa terjadi. Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan , biasanya berat tubuh Anda akan semakin menyusut. Tubuh yang optimal merupakan dambaan setiap orang , namun tubuh yang terlalu kurus membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Hal ini biasa terjadi pada anak-anak.

    Untuk meningkatkan nafsu makan , Anda dapat mengonsumsi madu. Madu memiliki banyak sekali zat-zat penting yang bermanfaat untuk meningkatkan stimulan dan memperbaiki nafsu makan , antara lain zat besi , tembaga , vitamin B kompleks , kalium , seng , fosfor , dan lain-lain. Konsumsilah madu 1-2 sendok makan dalam sehari untuk membantu meningkatkan nafsu makan secara efektif.

    Bagaimana sobat? Cukup dahsyat bukan manfaat madu bagi kesehatan ataupun kecantikan? Jangan lupa share ke yang lain!