Rabu, 03 Mei 2017

17 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami (LENGKAP)

Posted on Rabu, 03 Mei 2017
Jendela Dunia |



Cara menurunkan kolestrol dengan cepat - Kolesterol ialah suatu substansi yang dihasilkan organ hati yang digunakan oleh sel-sel , saraf-saraf , dan hormon semoga mampu berfungsi dengan baik. Kolesterol dibawa oleh pedoman darah. Jika kadar kolesterol di dalam darah sangat tinggi , banyak kolesterol yang akan mengendap di dinding-dinding arteri. Pengendapan kolesterol yang semakin tebal tentu akan menghambat peredaran darah. Jika plak ini tidak segera ditangani maka konsekuensi yang paling parah ialah serangan jantung atau stroke. Mengetahui hal ini membuat kita perlu mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi karena kesehatan ialah prioritas utama dalam hidup.

Cara-cara menurunkan kolestrol secara alami


Makanan yang mampu menurunkan kolesterol:


Bawang

Peneliti di Hong Kong menemukan bahwa bawang terutama bawang Bombay merah ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Cara mengkonsumsi bawang Bombay merah ini ialah meminum satu sendok teh sari bawang merah yang dicampur dengan madu. Diminum satu kali sehari. Atau potong dadu kecil-kecil satu buah bawang Bombay merah lalu campurkan ke dalam satu cangkir buttermilk dan ditambah seperempat sendok teh merica bubuk. Minumlah secara rutin. Bisa juga dengan cara memperbanyak porsi jahe dan bawang entah itu bawang Bombay atau bawang putih di dalam menu sehari-hari.


Cuka apel

Cuka apel terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Selain itu cuka apel juga berguna untuk penyakit lain ibarat asam urat , tekanan darah tinggi , dan bisul susukan pernafasan atas. Campurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam satu gelas air. Minum dua hingga tiga kali sehari sedikitnya selama satu bulan untuk melihat hasilnya. Anda mampu menambah takaran cuka apel hingga dua sendok makan kalau sudah terbiasa mengkonsumsinya.

Jus jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C , asam folat dan flavonoid semua itu berguna untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami. Satu penelitian di jurnal gizi klinik Amerika menyatakan bahwa meminum jus jeruk murni sebanyak 750 ml setiap hari akan meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL pada pasien hiperkolesterolemik.

Minyak kelapa

Walaupun minyak kelapa merupakan lemak yang tersaturasi ternyata minyak kelapa mampu memperbaiki rasio LDL/HDL di dalam darah. Cobalah minum 2 sendok makan minyak kelapa tiap hari untuk memperbaiki tingkat LDL dan HDL darah. Atau mampu juga dengan cara menggunakan minyak kelapa dalam jumlah cukup untuk memasak. Minyak kelapa yang baik dikonsumsi ialah minyak kelapa murni yang tidak mengalami pemrosesan pabrik.

Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat yang mampu mengurangi perembesan kolesterol dan menurunkan tingkat LDL. Satu hingga satu setengah mangkuk oatmeal diperkirakan mengandung tiga gram beta-glucan yang merupakan serat larut air. Tambahkan buah-buahan favorit ibarat pisang , stroberi , apel atau kacang-kacangan semoga serat yang didapatkan semakin banyak.

Minyak ikan

Ikan-ikan ibarat makerel , tuna , salmon , dan sarden ialah ikan yang mengandung lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Perbanyak konsumsi ikan-ikan tersebut di dalam diet harian , atau sebagai penggantinya minumlah minyak ikan satu hingga empat gram setiap harinya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ibarat walnut , almond , hazelnut , pecan , dan pistachio , kaya akan satu substansi berjulukan sterol dan juga kaya akan serat. Sterol dan serat sangat berguna untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Cara menurunkan kolesterol jahat yang praktis dan enak ya makan kacang-kacangan ini sebanyak satu hingga satu setengah ons setiap harinya. Meskipun kacang-kacangan ini bergizi tinggi , janganlah berlebihan mengkonsumsinya karena kacang-kacangan mampu menambah berat badan.

Buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C

Satu penelitian di tahun 2008 menyatakan bahwa mengkonsumsi vitamin C sedikitnya 500mg/dl setiap harinya mampu menurunkan kadar LDL serta konsentrasi trigliserida di dalam darah. Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin C ibarat jeruk , lemon , limau , kiwi , pepaya , stroberi , nanas , paprika , ubi , kol , kembang kol , brokoli , dan masih banyak lagi.

Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin yang berfungsi melindungi lipoprotein densitas rendah dari oksidasi , selain itu substansi ini juga berfungsi menurunkan konsentrasi LDL di dalam plasma darah. Satu penelitian di tahun 2007 menyatakan bahwa responden yang meminum 6-7 cangkir teh hijau setiap harinya memiliki penurunan kadar LDL yang signifikan.

Blueberry

Buah blueberry kaya akan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari biro radikal bebas sehingga kulit akan tetap sehat. Selain itu mengkonsumsi blueberry secara rutin juga mampu meningkatkan kerja pembuluh darah.

Apel

Satu penelitian di tahun 2011 yang dilakukan oleh Universitas Negara Bagian Florida mengambarkan bahwa wanita bau tanah yang makan setidaknya satu apel setiap hari mengalami penurunan kadar LDL sebanyak 23% dan peningkatan kadar HDL sebanyak 4% hanya dalam waktu enam bulan. Wanita yang rajin makan apel rata-rata mengalami penurunan berat tubuh sebanyak 3.3 pon.

Kacang kedelai

Kacang kedelai ialah satu-satunya tanaman yang kandungan proteinnya lengkap ibarat protein yang ada di produk hewani. Selain itu kacang kedelai juga kaya akan serat , rendah lemak tersaturasi , dan bebas kolesterol. Ada penelitian yang mengambarkan bahwa makan kacang kedelai secara rutin setiap hari mampu menurunkan kadar LDL sebanyak 8-10 persen.

Anggur merah dan jus anggur

Alkohol dikabarkan mampu meningkatkan kadar HDL sebanyak 5-15 persen. Minuman anggur merah selain mampu meningkatkan HDL , juga mampu menurunkan LDL karena mengandung antioksidan polyphenol. Tentu saja minumnya jangan berlebihan. Cukup satu gelas saja setiap harinya. Jika Anda tidak mampu meminum minuman beralkohol , Anda mampu menggantinya dengan jus anggur murni.

Cokelat

Satu penelitian di jurnal gizi klinik Amerika menyatakan bahwa mengkonsumsi cokelat mampu menurunkan kadar LDL sebanyak 5 mg/dL bagi pasien yang memiliki risiko penyakit jantung. Yang perlu diperhatikan ialah cokelat yang dimakan ialah cokelat yang setidaknya memiliki kandungan cocoa sebanyak 60%. Umumnya cokelat yang dimaksud ialah cokelat hitam.

Tomat

Warna merah tomat disebabkan oleh antioksidan lycopene. Satu jurnal di tahun 2011 menyatakan bahwa mengkonsumsi 25 mg lycopene setiap hari mampu menurunkan kadar LDL sebanyak 10 persen. Untuk menerima kadar lycopene sebanyak itu , Anda setidaknya harus minum jus tomat satu teko , atau menggunakan 3 ,5 sendok makan pasta tomat di dalam masakan.

Setelah mengetahui makanan yang mampu menurunkan kolesterol sekarang kita akan beralih ke cara alamiah lain seperti:

Aktivitas yang mampu menurunkan kolestrol


Olahraga

Olahraga mampu melancarkan peredaran darah , meningkatkan HDL , menurunkan kadar trigliserida , dan memperkuat ketahanan tubuh. Olahraga tidak mampu menurunkan angka LDL kalau tidak dibarengi dengan diet sehat dan penurunan berat badan. Usahakan selalu membuat tubuh Anda aktif dengan cara berolahraga setiap hari. Dimulailah dari olahraga ringan lalu ditingkatkan intensitasnya setelah Anda sudah terbiasa berolahraga.

Memelihara kucing

Memelihara kucing tidak ada kaitannya secara eksklusif dengan cara menurunkan kolesterol dengan cepat , namun peneliti di Universitas Minnesota Amerika mempelajari bahwa pemilik kucing mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebanyak 30 persen. Diduga bunyi dengkuran kucinglah yang mampu melemaskan ketegangan otot dan menurunkan stress pemiliknya.

Semoga postingan ihwal cara menurunkan kolestrol dengan materi alami dan olahraga ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.