Selasa, 02 Mei 2017

7 Posisi Iklan Google AdSense Terbaik dengan CTR Tinggi [Studi Kasus]

Posted on Selasa, 02 Mei 2017
Jendela Dunia |


Iklan merupakan sumber penghasilan utama untuk dominan blogger. Tidak menyerupai metode penghasilan lain yang mengharuskan kita bekerja keras untuk menerima uang , sebagai pola misalnya afiliasi atau content placement. Iklan bersifat praktis alasannya yang perlu Anda lakukan ialah menunggu uang datang sendirinya dari pengunjung yang mengeklik iklan tersebut.

Mungkin Anda sering dengar , yang namanya "instan" biasanya balasannya kurang memuaskan. Faktanya , AdSense yang merupakan jaringan periklanan terbesar dan paling relevan sering membuat pengunjung ogah mengeklik iklan. Salah satu yang mengakibatkan hal tersebut ialah posisi iklan yang salah.


Di sini saya membuatkan pengalaman saya dikala berpraktik memasang iklan AdSense. Semoga mampu bermanfaat.

Mestinya Iklan Ditempatkan di Mana?

Secara sederhana , iklan mestinya ditempatkan di daerah yang strategis. Apa itu daerah yang strategis?

Tempat strategis ialah posisi atau tata letak yang selalu (atau paling tidak sering) dilihat pembaca dikala mengunjungi situs Anda. Ya , maka tak heran kalau pilihan penempatan iklan di dalam artikel sering disarankan oleh para mastah. Tentu saja pembaca datang untuk melihat isi artikel , bukan?

Sayangnya , kebanyakan blogger salah kaprah dengan hal tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang menempatkan iklan di tengah-tengah artikel. Penempatan ini sebenarnya tidak efektif alasannya menganggu kenyamanan pembaca. Sementara itu , kita harus membuat sebisa mungkin semoga iklan kita mampu dilihat pembaca tanpa menganggu mereka.

Penempatan yang seharusnya ialah di artikel tapi bukan di tengah-tengahnya. Anda akan mengetahui maksud saya sebentar lagi.

Selain artikel , daerah strategis lain ialah header , sidebar , dan di bawah menu. Mohon jangan pernah menampilkan iklan Anda di footer dan kotak komentar alasannya di situ impresi yang Anda dapatkan sangat kecil.

7 Posisi Iklan Strategis Lengkap dengan Jenisnya

Anda telah mengetahui bahwa iklan ialah solusi penghasilan blogger yang praktis dan juga mengetahui gambaran umum meletakkan iklan. Tidak afdol kalau kita tidak membahas secara spesifik posisi-posisi iklan tersebut beserta jenisnya.

Untuk mengetahui peempatan iklan AdSense terbaik , silakan lanjutkan membaca. Oh ya , pastikan Anda memilih posisi iklan maksimal tiga alasannya jumlah iklan AdSense yang diperbolehkan dalam suatu halaman hanya tiga.

Baca juga: Cara Membuat Status Facebook Banyak Di-Like

1. Di samping kiri pendahuluan artikel

Posisi yang pertama ialah menempatkan iklan Anda di samping pendahuluan atau paragraf-paragraf awal artikel Anda. Untuk lebih jelasnya mampu Anda lihat di gambar berikut.

AdSense di samping atas artikel.
Untuk menerapkan posisi iklan menyerupai ini , silakan Anda copy instruksi berikut dan tempelkan di atas <data:post.body/> (Note: Jika templat Anda hasil modifan , besar kemungkinan instruksi tersebut ada dua atau lebih. Pilihlah yang kedua).
<div style="float:left; margin-right:15px;margin-bottom:15px">
IKLAN
</div>
Ukuran iklan yang disarankan ialah 250 x 250 atau responsive. Oh ya , pastikan Anda mengubah IKLAN dengan instruksi iklan AdSense Anda. Pastikan instruksi tersebut sudah Anda parse di BlogCrowds.

2. Di atas artikel

Posisi kedua ialah di atas artikel atau di bawah judul. Untuk posisi ini , mudahnya tempelkan instruksi jenis iklan 700x60 di atas <data:post.body/>.

Penampakan iklan AdSense di salah satu artikel blog saya.

3. Di bawah artikel

Posisi ketiga terstrategis menurut saya ialah di bawah artikel. Untuk posisi ini jenis iklan yang paling ampuh ialah matched content. Sayangnya , jenis iklan ini tidak tersedia untuk semua blog. Untuk menerima jenis iklan ini Anda harus memenuhi syarat tertentu. Salah satu syaratnya ialah blog harus punya lumayan banyak artikel.

Matched content di blog saya.

Jika akun AdSense Anda sudah menyediakan matched content , ini merupakan kabar baik. Akui saja , iklan ialah sesuatu yang dibenci. Nah , dengan matched content , kita mampu menerima uang dengan artikel-artikel terkait kita.

Untuk menerapkan hal ini , silakan Anda copy instruksi matched content responsive dan tempatkan di atas <data:post.body/>.

4. Di sidebar atas

Selain artikel , sidebar juga mampu menjadi daerah memasang iklan yang potensial. Salah satu posisi sidebar terbaik ialah yang paling atas atau membawahi semua widget-widget Anda. Silakan Anda copy instruksi AdSense Anda berukuran 250x250 atau responsive ke dalam widget HTML/Text yang Anda tambahkan.

5. Di sidebar bawah dengan sticky widget

Anda juga mampu menempatkan iklan di posisi paling bawah sidebar namun dengan mengaplikasikan sticky widget , sehingga iklan akan terbawa ke bawah dikala di-scroll. Silakan Anda copy instruksi iklan berukuran 300x600 dan tempelkan di bab paling bawah sidebar. Untuk aplikasi sticky widget , silakan Anda baca artikel ini.

6. Di samping header blog

Yang keenam posisi header. Posisi ini juga pasti dilihat pengunjung sehingga kemungkinan kliknya besar. Sayangnya , tidak semua templat menyediakan widget di samping header. Jika templat Anda menyediakan , silakan Anda copy instruksi iklan berukuran 468x60.

7. Di bawah navigasi menu

Terakhir , Anda mampu menempatkan iklan di bawah navigasi. Ukuran yang cocok ialah 970x90. Penampakannya kira-kira menyerupai ini:

Posisi iklan di bawah navigasi.

Banyak blogger yang protes dengan cara ini alasannya Google melarang penggunaan sticky di salah satu artikelnya. Namun faktanya , saya sudah bertahun-tahun menerapkan cara tersebut dan akun saya masih aman hingga sekarang. Jika ingin bukti lebih lanjut , silakan Anda kunjungi Kompas.com yang juga menerapkan teknik sticky widget ini.

Untuk menghasilkan pendapatan dan CTR yang tinggi dari AdSense , penempatan iklan ialah salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan. Cobalah berpraktik dengan menaruh beberapa posisi iklan di atas sehingga Anda mengetahui mana posisi iklan yang paling potensial dan memberi untung. Selamat mencoba!