Rabu, 17 Mei 2017

Cara Menemukan Judul Lagu dari Penggalan Musik

Posted on Rabu, 17 Mei 2017
Jendela Dunia |
Cara mencari judul lagu dan penyanyi dengan suara
Sumber: Cronosal.blogspot.com

Pernahkah ketika kau mampir-mampir ke sebuah daerah perbelanjaan , kafetaria , restoran , atau karaoke , kau mendengar lantunan lagu mengagumkan yang membuatmu asyik mendengarkannya? Namun sayang , hingga nyanyian tersebut berakhir kau enggak dapat menelusuri dan menyimpannya pada Smartphone-mu alasannya yakni kau enggak mengetahui judul dan penyanyi lagu tersebut.

Permasalahan ini kerap dialami oleh jutaan umat pemburu musik yang bahkan mengharuskan kita untuk menanyakannya pada orang sekitar hanya demi mengetahui judul beserta penyanyi lagu tersebut. "Mbak , mas , ada yang tahu judul lagu ini?" Mungkin kau pernah melaksanakan hal menyerupai ini.

Atau , kau menghafalkan dahulu beberapa kata yang keluar dari lagunya , lalu kau googling. Memang , dari beberapa kejadian metode ini terkadang berhasil , namun negatifnya metode ini kurang praktis dan berpotensi gagal.

Nah , bagi kau yang enggak ingin repot-repot menanyakan pada orang sekitar atau dengan metode kedua , kau dapat terapkan cara mengetahui judul lagu dan penyanyinya dari bunyi ini.

Cara ketahui judul dan penyanyi lagu dari suaranya


1. Dengan menggunakan aplikasi SoundHound buat Smartphone

Cara ini sangatlah efektif sekaligus praktis yang membuat kau enggak perlu lagi harus menghafal segala. Perangkat lunak yang akan kita pakai di sini berjulukan SoundHound atau yang dekat disebut juga sebagai 'Midomi'.

Mungkin kau sudah pernah dengar? Ya , SoundHound yakni sebuah aplikasi buat Android , iPhone , Windows Phone , dan BlackBerry yang cukup tenar. Fungsinya yaitu menelusuri dan menyampaikan kepadamu keterangan dari lagu yang direkam.

Berikut cara pakainya:

  • Pertama-tama , silakan unduh SoundHound terlebih dahulu. Jangan lupa untuk sesuaikan sistem operasi yang kau gunakan.
  • Sesaat setelah proses pengunduhan selesai , instal SoundHound pada Smartphone-mu layaknya menginstal aplikasi biasa.
  • Sehabis itu , jalankan SoundHound.
  • Pastikan lagu yang ingin dicari sedang dilantunkan. Klik tombol berwarna jingga yang ada di tengah untuk mulai menelusuri. 
    Cara mencari judul lagu dengan bunyi
  • Tunggu beberapa ketika dan , voila! Keterangan lagu tersebut berhasil muncul. 
    Cara mencari judul lagu dengan bunyi
Satu lagi , SoundHound juga support besar sebagian lagu lokal.

Tidak hanya SoundHound , aplikasi serupa menyerupai Sazham , AudioTag , dan NameMyTune juga mempunyai kegunaan yang sama namun dengan fitur pencarian yang berbeda.

2. Mengaplikasikan teknik brainstorming

Bila disaat lagu tersebut muncul dan kau enggak membawa Smartphone , kau dapat menerapkan trik alternatif yang satu ini. Teknik ini memanfaatkan anutan kita. Ya , sesuai namanya , brainstorming yang artinya 'serbuan otak'.

Senjata yang perlu disiapkan:

  • Media untuk menulis , mampu secarik kertas dengan pulpen atau pensil , laptop , Smartphone hasil pinjam dari sahabat , dan lain-lain. Pokoknya apa saja yang dapat menuangkan isi pikiran kita.
  • Pikiran yang tenang.

Cara menerapkan teknik brainstorming:

  • Siapkan segala kebutuhan yang tadi telah disebutkan , lalu dengarkan lantunan lagu tersebut baik-baik.
  • Pikirkan , kira-kira apa tema dari lagu tersebut , apakah ihwal cinta , religi , metal , pop , dan lain sebagainya.
  • Setelah ketemu , tuangkan kata demi kata yang terlintas dari kepalamu terhadap lagu tersebut. Jangan diambil pusing apabila kau ragu akan kebenarannya , pokoknya tulis saja apa yang kau dengar.
  • Susunlah jadi kalimat yang kira-kira sesuai dengan kata-katanya. Misalnya , love to do now I like you. Nah , setelah dirapikan contohnya akan jadi menyerupai ini: like you love me. Enggak problem , meski enggak sama persis dengan judul aslinya karena Google dapat dengan mudah mendeteksi kesalahan ejaan menjadi ejaan yang tepat.
  • Telusuri kalimat tersebut di Google dengan menggunakan tanda kutip. Misalnya , "like you love". Kalau masih tidak menemukan , silakan kau acak lagi kata-kata tersebut. Misalnya jadi menyerupai ini , "love me like" (cek hasil pencarian).
  • Selesai.

Cara ini mungkin terdengar menyerupai dengan metode menghafal , tapi gotong royong berbeda. Dengan menggunakan cara ini akan jauh lebih efektif , mengasyikkan , dan dapat mempertajam anutan kita.

Oke , selamat mencoba!