Senin, 29 Mei 2017

Cara Mengamankan Smartphone dari Tindakan Pencurian

Posted on Senin, 29 Mei 2017
Jendela Dunia | Cara mengamankan Smartphone


Maraknya pencurian barang ketika ini memang membuat siapapun harus lebih waspada. Bagaimana tidak , barang yang telah kita beli dengan hasil jerih payah sendiri dicuri oleh orang lain dengan tidak bertanggung jawab. Salah satu barang yang sering diambil pencuri adalah handphone. Sering sekali orang kehilangan barang ini , tak terkecuali ketika berada di kawasan ibadah.

Dengan banyaknya kasus menyerupai itu bukan berarti kita tidak bisa mengamankan Smartphone kita untuk diberi perlindungan supaya tidak bisa dicuri orang lain. Seiring berkembangnya zaman yang sudah semakin canggih ini , sudah makin banyak aplikasi-aplikasi Android yang memiliki fitur anti-theft atau anti pencurian. Tidak hanya itu , kita juga bisa mengunci Smartphone kita ketika orang lain berusaha menyalakannya tanpa seizin pemilik.

 Mau tahu bagaimana cara melakukannya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Cara melindungi HP supaya tidak dicuri orang lain


1. Atur PIN atau password untuk keamanan HP Anda

Saat menyetel pada bab keamanan , pastikan Anda untuk selalu memihak password atau PIN. Jangan gunakan contoh tarik garis , pilih gambar , atau semacamnya alasannya keamanannya kurang berpengaruh sehingga ada potensi untuk dibobol orang lain. Sangat disarankan untuk memilih password , alternatif terbaiknya yakni PIN.


Sedikit tips dalam memberi sandi supaya lebih aman:
  • Variasikan font besar dan kecil. Contohnya; ConTohPassWord
  • Gunakan angka dan beberapa simbol; 123ConTohPassWord!
  • Carilah kata kunci yang sekiranya sulit untuk ditebak; 123BuBurYaMien!
  • Usahakan dalam memberi password panjangnya sekitar 15-30 karakter; 123BuBurYamienDePok!

Setelah melaksanakan langkah di atas , cek kekuatan password Anda di howsecureismypassword.net. Masukkan password yang telah Anda buat ke dalam formulir yang disediakan. Apabila setelah mengisi password penampakan background berubah menjadi hijau , itu berarti password Anda kuat. Sebaliknya , apabila background-nya masih bewarna merah , itu pertanda password Anda lemah , silakan pikirkan lagi untuk membuat kata yang lain.

2. Pasang perangkat lunak anti-theft

Setelah memberi kata sandi , mari kita menuju tahap selanjutnya yakni memasang aplikasi penyedia fitur anti pencurian.

Ada banyak aplikasi yang mencakup fitur tersebut , salah satunya CM Security dari Clean Master. Berikut kami ulas bagaimana cara memasangnya dan apa saja fitur-fitur aplikasi tersebut dalam mencegah terjadinya pencurian.
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni mengunduh dan memasang aplikasi CM Security pada Smartphone Anda. Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan siapa saja. Unduh di Google Play.
  • Setelah perangkat berhasil terpasang , silakan jalankan aplikasi tersebut.
  • Sentuh tiga titik sejajar atas ke bawah di pojok kanan atas , lalu pilih Find Phone. Dengan memasang fitur ini , Anda dapat melacak , memberi alarm , dan menghapus data-data Smartphone Anda apabila dicuri orang. 
    Fitur CM Security untuk melindungi Smartphone
  • Selanjutnya , Anda akan melihat tampilan menyerupai gambar di bawah ini setelah mengerjakan langkah sebelumnya. Klik tombol Get started for free
    Fitur locate gratis di CM Security
  • Sehabis itu Anda akan diperintahkan untuk masuk menggunakan akun email Anda. Silakan isi formulir data akun dengan lengkap. Bila ingin lebih cepat dan mudah , Anda bisa masuk menggunakan akun Facebook atau Google+.
    Membuat akun di CM Security
  • Sekarang , Anda akan disuruh untuk membuat contoh tarik garis. Tujuannya untuk mengunci aplikasi CM Security supaya tidak bisa dibuka oleh orang lain kecuali Anda. Atur polanya dan hafalkan alasannya nanti ketika Anda membuka aplikasi CM Security , Anda diharuskan untuk memasukkan contoh garis yang sudah dibuat tadi.
    Mengunci HP menggunakan CM Security
  • Tahap selanjutnya , aktifkan seluruh fitur keamanan CM Security yaitu LocateYellLock , dan Wipe
    Fitur-fitur yang disediakan CM Security
  • Terakhir , sentuh tombol More dan aktifkan lagi seluruh fitur yang tersedia.
    CM Security fitur tambahan

Sumber gambar: dailysocial.id

Masing-masing fitur mempunyai kemampuan tersendiri:
  • Locate berfungsi untuk melacak lokasi orang yang membawa Smartphone Anda dengan menggunakan santunan peta.
  • Yell berguna untuk memberi alarm peringatan yang berdering keras ketika Smartphone Anda terbentur.
  • Lock untuk mengunci Smarphone Anda.
  • Wipe untuk menghapus data-data Smartphone Anda.
  • SIM Alert untuk memberi peringatan apabila kartu SIM pada Smartphone Anda sedang diubah.
  • Fitur Lock Photo berguna untuk memotret wajah si pelaku.

Saat Smartphone Anda dicuri , Anda dapat mengakses halaman findphone.cmcm.com. Pada halaman tersebut , silakan masuk menggunakan akun yang telah didaftarkan. Lalu setelah itu atur fitur apa yang ingin Anda nyalakan. Anda juga dapat melacak lokasi pencuri tersebut menggunakan peta.


Aplikasi lainnya yang juga mengusung fitur anti-theft adalah: F-Secure Anti-Theft for Mobile , Lookout , Prey Anti-Theft , dan banyak lagi.

Bagaimana sobat? Mudah sekali bukan memproteksi Smartphone kita dari tindakan pencurian. :)