Senin, 15 Mei 2017

Cara Praktis Memainkan Game PSP di Komputer

Posted on Senin, 15 Mei 2017
Jendela Dunia |


PlayStation Portable (PSP) merupakan sebuah konsol permainan genggam yang diluncurkan oleh Sony pada 11 Maret 2004. Dengan adanya konsol ini , kita dapat memainkan banyak sekali macam game menarik mulai dari RPG menyerupai Final Fantasy VII , FPS menyerupai Grand Theft Auto: Chinatown Wars , RTS menyerupai The Lord of the Rings: Tactics , dan banyak lagi. Berbeda dengan jenis PlayStation lainnya , konsol ini memiliki keunikan dengan tubuhnya yang portabel alias ringan untuk dibawa ke mana-mana.

Seiring perkembangan zaman , hadirlah PPSSPP (PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably) , sebuah emulator PSP untuk PC. Sejak kedatangannya , kini memainkan game PSP di komputer tidaklah aneh lagi. Perangkat lunak portabel ini dapat kau jalankan pada sistem operasi Windows secara gratis.

Simak juga: Cara Menjalankan Aplikasi Android di Komputer

Tertarik mencobanya? Pastikan komputermu memenuhi spesifikasi minimum menyerupai yang ditunjukkan tabel di bawah ini:
Indikator Spesifikasi minimum
CPU Dual core
Kecepatan CPU 2.0 Ghz
Kartu grafik (GPU) Mendukung setidaknya OpenGL 2.0
RAM 1 GB
Perangkat lunak ini membutuhkan Microsoft visual C++ 2010 dan DirectX End-User Runtime Web Installer.
Berikut langkah-langkah memasang dan menjalankan PPSSPP di komputer:

Cara menjalankan game PSP di komputer dengan PPSSPP

  • Langkah awal , silakan unduh terlebih dahulu PPSSP-nya. Untuk mengunduhnya , silakan susukan tautan berikut: www.ppsspp.org/downloads.html lalu pilih PPSSPP for Windows.
  • Sebelum menjalankannya , kau perlu mengekstrak berkas tersebut terlebih dahulu alasannya yaitu masih berformat ZIP. Baca postingan Cara Extract File ZIP jika belum mengetahuinya.
  • Sampai di sini sudah tamat untuk tahap memasang PPSSPP di komputer. Namun , bila kau belum punya game PSP untuk dijalankan pada emulator tersebut , silakan kunjungi Emuparadise.me untuk memilih dan mengunduh game PSP secara gratis dan legal (baca pengakuannya di sini). Tidak beranjak hingga di situ. Setelah mengunduh game , kau perlu mengekstraknya sehingga akan muncul berkas berformat ISO yang merupakan aplikasi untuk menjalankan game yang kau pilih.
  • Setelah seluruh persiapan tamat , kini saatnya memainkan game tersebut. Jalankan PPSSPP sesuai sistem komputermu , alihkan perhatianmu pada bab Menu. Di sana terdapat tulisan File (lihat panah merah) , klik goresan pena tersebut lalu pilih Load.
    Langkah-langkah menjalankan game PSP di komputer 1
  • Ambil berkas game yang telah kau miliki. Format yang didukung yaitu PBP , ISO , CSO , ZIP , PRX , dan ELF. Setelah itu , klik tombol Open.
    Langkah-langkah menjalankan game PSP di komputer 2
  • Voila! Kamu berhasil menjalankan game PSP di komputer.
Game hasil PPSSPP 1

Game hasil PPSSPP 2

  • Kamu juga dapat menggunakan konsol stik ketika bermain.

    Selamat bermain!