Rabu, 14 Juni 2017

3 Cara Mengambil Gambar (Screenshot) di Komputer

Posted on Rabu, 14 Juni 2017
Jendela Dunia | Cara screenshot di komputer


S creenshot atau yang disebut juga screen capture merupakan suatu kegiatan mengambil gambar dari suatu perangkat meliputi komputer , Smartphone , tablet , dan sebagainya. Screenshot dapat berupa desain dekstop , gambar , situs web , ataupun desain lain yang kita inginkan. Tujuan mutlak dari pengambilan screenshot ialah untuk menyampaikan isu yang ada pada gambar tersebut , entah itu berupa foto ataupun tulisan.

Pada dasarnya kita memotret layar lalu menyimpannya ke dalam berkas atau sekadar di-copy saja dan ditaruh pada lembar kerja kita. Untuk memotret layar komputer (screenshot) kemudian menyimpannya menjadi file berbentuk foto , mudahnya kita tinggal capture layar monitor lalu mengambil fotonya melewati aplikasi grafis semacam Photoshop atau MSPaint. Serta apabila kita tak berniat untuk menyimpannya , hasil capture itu dapat eksklusif dimasukkan pada aplikasi yang membutuhkan foto tersebut , misal ditaruh pada Microsoft Word.

Baca juga: Cara Memperbesar Kapasitas RAM Komputer


Screenshot di komputer sedikit berbeda pada ponsel , jikalau di ponsel kita hanya mampu mengambil potretan satu layar penuh , di Windows kita mampu mengambil jepretan satu layar penuh ataupun bab tertentu saja. Contohnya:
Cara screenshot seluruh bagian
Screenshot satu layar penuh.
Cara screenshot satu layar
Contoh screenshot satu bagian

Sedikitnya ada tiga cara screenshot yang paling mudah , berikut diurutkan sesuai kesimpelan-nya.

Cara screenshot di komputer


#1 Menggunakan tombol 'Prnt scrn'

Oke , cara pertama ini paling umum yang terbilang cukup mudah kita hanya perlu menekan tombol Prnt scrn pada keyboard F11. Nah , setelah kita menekan tombol tersebut , otomatis Anda telah menyimpan gambar layar komputer Anda. Sekarang , yang perlu Anda lakukan hanya melaksanakan paste pada aktivitas Paint.

Pada aktivitas Paint , kemudian tekan tombol CTRL + V di keyboard komputer Anda. Dan... taraa , Anda mampu melihat gambar yang Anda potret tadi.

Kekurangan dari cara ini , kita hanya mampu memotret layar penuh , tidak mampu memotret hanya bab tertentu. Untuk Anda yang hanya ingin melaksanakan screenshot pada bab tertentu , maka silakan lakukan cara yang kedua ataupun ketiga.


#2 Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool ialah perangkat lunak bawaan Windows yang dapat memotret suatu bab pada layar komputer Anda. Untuk memakai cara ini , silakan ikuti beberapa langkah berikut:
Snipping Tool , software untuk melaksanakan screenshot
  • Buka aplikasi Snipping Tool , caranya pada Start menu lalu ketik pada kolom pencarian 'Snipping Tool'.
  • Setelah aplikasi tersebut muncul , maka Anda tidak mampu lagi mengubah tampilan layar komputer. Oleh alasannya itu , sebelum membukanya Anda set dahulu posisi mana yang ingin Anda potret. Sekarang , klik menu New dan pilih Full-Screen Snip bila ingin memotret satu layar , pilih Rectangular Snip atau Free-Form Snip bila ingin screenshot satu bagian.
  • Tentukan area yang ingin Anda ambil gambarnya dengan cara men-drag menggunakan kursor.
  • Setelah semuanya selesai , tekan CTRL + S pada keyboard di komputer untuk menyimpannya.


Satu cara lagi untuk memperoleh screenshot yang lebih baik dan mampu Anda edit sesuka Anda , yakni menggunakan perangkat lunak Lightshot.

#3 Menggunakan Lightshot

Lightshot ialah perangkat lunak freeware alias gratisan untuk melaksanakan screenshot yang nantinya gambar tersebut dapat Anda edit menyerupai menambahkan goresan pena , coretan , dan lain-lain. Untuk menggunakan Lightshot , terlebih dahulu Anda harus mengunduhnya. Silakan gunakan tautan berikut: Unduh Lightshot.

Cara memakai Lightshot:
  • Tekan Prnt Scrn pada keyboard di komputer Anda.
  • Tentukan area yang ingin di simpan gambarnya.
  • Anda mampu melaksanakan editing pada dikala pengambilan gambar tersebut , menyerupai menambahkan garis petunjuk , menambahkan goresan pena , menambah warna , dan lain-lain. Silakan lakukan sesuka hati Anda.
  • Terakhir , bila semuanya sudah selesai , pilih tombol Simpan.

Cara mana yang paling mudah menurut Anda?