Kamis, 01 Juni 2017

6 Marketplace Online Terpopuler di Indonesia untuk Ajang Promosi

Posted on Kamis, 01 Juni 2017
Jendela Dunia |
Toko online terpopuler di Indonesia


Seiring meningkatnya kebutuhan berbelanja dan perkembangan teknologi , kini muncullah situs-situs marketplace online atau dalam bahasa Indonesia disebut pasar online. Berbelanja online kini sangat digemari masyarakat Indonesia. Faktanya , hampir 70 persen masyarakat Indonesia pernah bertransaksi secara online sesuai kebutuhannya.

Perkembangan situs e-commerce ini sering dimanfaatkan para seller untuk menjual produk atau jasa yang dimiliki. Namun , sayangnya beberapa situs toko online kini menjadi "sampah" karena para seller melakukan promosi yang berlebihan. Tentunya hal tersebut menimbulkan pengunjung enggan membeli barang yang ditawarkan , apalagi kini dengan maraknya kasus-kasus penipuan.

Oleh alasannya itu , mempromosikan barang ke marketplace yang sempurna akan membuat penjualan barang atau jasa yang Anda tawarkan meroket. Berikut ini ialah 6 online shop berbasis marketplace terpopuler dan terpercaya di Indonesia yang mampu Anda gunakan untuk menyebarkan bisnis.

6 toko online berbasis marketplace terpopuler untuk promosi


1. BukaLapak.com

Tampilan Bukalapak.com

BukaLapak ialah salah satu situs pasar online terkemuka di Indonesia dengan lebih dari 200.000 kunjungan per harinya. Situs ini dijalankan oleh PT. BukaLapak dengan mengusung model C2C (customer to customer). Achmad Zaky , selaku penemu BukaLapak mengungkapkan bahwa situsnya memproses lebih dari 500 juta transaksi tiap harinya pada tahun 2014.

Banyak sekali fitur-fitur menarik yang ditawarkan BukaLapak. Pada adegan pembayaran , BukaLapak menyediakan banyak metode menyerupai BCA KlikPay , Mandiri e-cash , BukaDompet , dan juga mampu melalui transfer bank. Seller dapat menentukan metode pembayaran yang diterimanya dan juga dapat mengubahnya kapan saja. Pembeli juga dapat mengirim pesan terhadap penjual terkait produk yang ditawarkan.
Kategori Statistik
Alexa Rank: 12
Pengunjung/bulan: 8 juta
Pengunjung dari mesin pencari: 40%
Persaingan: Tinggi

2. OLX.co.id

Tampilan OLX.co.id

OLX Indonesia ialah situs web iklan baris yang bertujuan sebagai jual-beli produk secara online. OLX Indonesia ialah kawasan untuk mencari barang gres atau barang bekas berkualitas. Nama OLX sebelumnya ialah TokoBagus.com atau Berniaga.com.

Menjual barang atau jasa di OLX Indonesia sangat besar potensinya untuk dibeli. Menurut riset , barang-barang elektronik dan kecantikan paling banyak peminatnya.
Salah satu reklame barang bekas di OLX.co.id yang telah dilihat ribuan kali.
Anda dapat memaparkan gosip kontak menyerupai nomor telepon , WhatsApp , PIN BBM , dan lain sebagainya. Di OLX Indonesia juga disediakan fitur 'E-mail Penjual' yang memungkinkan pembeli untuk menghubungi penjual melalui email.

OLX Indonesia tidak menyediakan fitur metode pembayaran , oleh balasannya Anda harus menulis sendiri metode pembayaran apa yang Anda terima pada lapak produk Anda.

Yang saya paling sukai dari OLX Indonesia ialah ramah akan iklan , sehingga tidak menganggu acara jual-beli kita.
Kategori Statistik
Alexa Rank: 28
Pengunjung/bulan: 14 juta
Pengunjung dari mesin pencari: 40%
Persaingan: Tinggi

3. Tokopedia.com

Tampilan tokopedia.com

Tokopedia ialah salah satu toko online terbesar di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Kali pertama diluncurkan pada tahun 2009 , sampai kini Tokopedia.com mendapatkan lebih dari 10 juta pengunjung perbulannya.

Slogan "Jual Beli Online Aman dan Nyaman" sepertinya memang serasi dengan situs web tersebut. Ketika pengguna mengetikkan kata kunci menyerupai "Samsung" pada kotak penelusuran , maka akan didapatinya banyak sekali macam jenis dan kategori ponsel Samsung. Anda dapat menambahkan spesifikasi barang ke dalam fitur yang disajikan. Juga pelanggan yang sudah pernah membeli dapat mengisi testimoni pada kotak 'Review'. Pada dashbord statistik juga ditampilkan terang rincian transaksi yang telah dilakukan dan keuntungannya.
Kategori Statistik
Alexa Rank: 14
Pengunjung/bulan: 10 juta
Pengunjung dari mesin pencari: 34%
Persaingan: Tinggi

4. Elevenia.com

Tampilan evelenia.com

Elevenia ialah situs belanja online lainnya dengan konsep marketplace di Indonesia yang memberi akomodasi serta keamanan ketika berbelanja. Situs ini menunjukkan beragam produk untuk pecinta belanja online. Hingga ketika ini , tercatat lebih dari 2 juta produk dari 16 seller yang terbagi dalam delapan kategori , yakni: fashion , beauty/health , babies/kids , home/garden , gadget/komputer , elektronik , sports/hobby , dan service/food.

Elevenia tidak jauh berbeda dengan Tokopedia , di mana para seller diberikan toko sendiri untuk menjual barang dagangannya.
Kategori Statistik
Alexa Rank: 26
Pengunjung/bulan: 4 juta
Pengunjung dari mesin pencari: 40%
Persaingan: Menengah

5. Blanja.com

Tampilan blanja.com

Blanja.com merupakan situs marketplace online yang dibuat dari hasil join venture antara Telkom Indonesia dengan eBay. Karena didirikan belum lama , Blanja.com gres memiliki 1 juta produk yang dijual lebih dari 1.000 seller. Melihat hal tersebut , kita mampu mengambil kesimpulan bahwa peluang menjadi penjual di Blanja.com masih terbuka lebar alasannya dari sisi kompetitor juga masih terbilang cukup rendah.
Kategori Statistik
Alexa Rank: 378
Pengunjung/bulan: 700 ribu
Pengunjung dari mesin pencari: 30%
Persaingan: Rendah

6. Qoo10.co.id

Tampilan Qoo10.co.id

Mungkin namanya tidak setenar kelima situs e-commerse sebelumnya , namun jangan salah , Qoo10 Indonesia ini mengklaim memproses transaksi lebih dari 32 miliar tiap bulannya , loh!

Layaknya Blanja.com , Qoo10 Indonesia juga merupakan hasil join venture antara GMarket asal Korea Selatan dengan eBay. Qoo10 Indonesia sendiri mulai diluncurkan semenjak tahun 2012.
Kategori Statistik
Alexa Rank: 232
Pengunjung/bulan: 1 juta
Pengunjung dari mesin pencari: 40%
Persaingan: Rendah
Itulah keenam situs online e-commerce yang mampu Anda gunakan untuk memulai mempromosikan urusan ekonomi Anda. Selamat mencoba!

Data-data disaring melalui Wikipedia.