Sabtu, 03 Juni 2017

Awas! 10 Makanan ini Bisa Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Posted on Sabtu, 03 Juni 2017
Jendela Dunia |
Makanan penyebab jerawat


Sudah tak menjadi diam-diam umum lagi bahwa jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang paling ditakuti semua orang. Keberadaan jerawat pada kulit memang sangat menganggu penampilan , belum lagi ketika jerawat tersebut mematang dan terasa sakit. Bahkan Albert Kligmann , seorang peneliti problem jerawat terkenal di Philadelphia mengatakan , "Tidak seorang pun yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat pada kulitnya."

Semua orang tentu ingin memiliki wajah yang bersih , terhindar dari jerawat. Terkadang , penderita jerawat menjadi tidak percaya diri dengan fisiknya.

Beberapa orang mengakui dirinya mempunyai jerawat yang semakin parah setelah mengonsumsi makanan tertentu. Ternyata setelah hasil penelitian menunjukan bahwa zat tertentu dalam makanan dapat mengakibatkan biangnya jerawat. Faktanya , empat dari sepuluh mereka yang terkena jerawat disebabkan karena mengonsumsi makanan tersebut. Oleh alasannya ialah itu , Anda harus mengatur pola makan Anda dan memilih mana makanan yang baik untuk dikonsumsi dan menjauhi makanan yang dapat membuat jerawat semakin ganas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dalam Sekejap

10 makanan penyebab timbulnya jerawat



1. Minuman bersoda

Kandungan zat pada minuman bersoda dapat memicu problem badan yang menyebabkan tumbuhnya jerawat. Hal ini dikarenakan soda mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Selain itu materi ini juga mengandung aspartam yang dapat memperbesar risiko tumbuhnya jerawat. Menurut Livestrong , mengonsumsi soda dapat menyebabkan gula darah melonjak sehingga membuat pori-pori tersumbat dan peradangan kulit.

2. Susu

Susu ialah salah satu menu lima sehat empat sempurna. Dengan mengonsumsi susu setiap harinya dapat membuat tulang dan persendian kita semakin kukuh , sangat bermanfaat terutama bagi lansia yang alat gerak pasifnya mulai keropos.

Isu yang beredar di masyarakat ialah susu skim dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Benarkah hal tersebut? Menurut hasil studi kasus yang dilakukan Journal of the American Academy of Dermatology , orang yang meminum susu lebih dari tiga gelas dalam sehari mengalami jerawat yang lebih besar ketimbang orang yang meminum susu satu gelas sehari dan orang yang meminum susu dua hingga tiga gelas sehari juga mengalami problem jerawat.

Beberapa pakar kecantikan mengatakan bahwa susu mampu menjadi faktor munculnya jerawat di permukaan kulit. Walaupun susu memiliki kadar glikemik yang rendah , tetapi susu mengalami indeks glikemik yang meningkatkan hormon androgen sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Terutama pada susu skim.

3. Donat

Donat ialah makanan yang digemari ketika ini , terutama di kalangan anak muda. Namun sayang sekali ternyata donat dapat menyebabkan kemunculan jerawat karena melalui sistem penggorengannya serta banyaknya kandungan minyak yang menyerap.

4. Gorengan

Makanan yang digoreng menyerupai ikan , ayam , kerupuk , dan lain sebagainya tentunya memberi rasa nikmat tersendiri. Namun sayangnya gorengan termasuk makanan yang mengganggu kesehatan , apalagi kalau dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Gorengan mengandung lemak trans yang menjadi penyebab penyempitan pembuluh darah , jantung , dan stroke. Lemak inilah yang membuat penyempitan pori-pori kulit sehingga menyebabkan kulit terinfeksi dan muncullah jerawat pada kulit.

Tips: Mungkin sulit bagi Anda untuk menghindari gorengan , terlebih hampir semua orang mengonsumsi makanan yang digoreng. Oleh alasannya ialah itu , beberapa tips yang mampu Anda lakukan antara lain; Sesaat setelah Anda mengonsuminya , minumlah air putih yang banyak untuk menetralisir badan Anda kembali. Kedua , gunakanlah minyak goreng yang rendah lemak trans.

5. Mie instan

Makanan yang satu ini pasti tidak gila bagi kita , bahkan tidak sedikit orang yang menjadikannya camilan. Tetapi mie instan dapat membahayakan kesehatan badan karena mengandung pengawet dan lemak jenuh yang tinggi. Lemak dan pengawet sukar dicerna badan , tak terkecuali wajah yang mampu menyebabkan jerawat.

6. Kafein

Kopi , teh , cokelat , minuman ringan , dan permen karet ialah beberapa teladan makanan dan minuman yang mengandung kafein. Banyak orang meminum kopi dan teh untuk menghilangkan kantuk biar mampu beraktivitas lebih lancar. Namun perlu diketahui bahwa kafein dapat menyebabkan stres yang memperbesar risiko problem kulit menyerupai jerawat.

7. Alkohol

Alkohol ialah zat yang sangat sulit dicerna tubuh. Meminum sejumlah besar alkohol dapat memicu terjadinya problem kulit di wajah. Hal ini disebabkan karena alkohol membuat pembuluh darah melebar sehingga darah mengandung alkohol. Darah yang mengandung banyak alkohol akan membuat kulit kering dan dehidrasi. Dalam kondisi tersebut jerawat sangat mudah tumbul.

8. Kentang goreng

Sama halnya dengan gorengan dan donat , kentang goreng dapat menyebabkan jerawat pada badan karena melalui proses penggorengan dan minyak yang banyak.

9. Daging babi

Daging babi dikenal mempunyai kadar lemak yang tinggi. Hal ini dapat memicu terjadinya jerawat pada kulit. Tidak hanya itu , daging babi mengandung omega 6 yang dapat menyebabkan radang pada tubuh.

10. Makanan pedas

Makan tanpa sambal sama saja dengan mengonsumsi sayur tanpa garam , itulah masyarat Indonesia yang sangat hobi dengan makanan pedas. Namun dari rasa nikmat yang menantang tersebut secara tidak pribadi makanan pedas merupakan salah satu makanan yang berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat.

Dari ke-10 makanan di atas , dapatkah Anda menyebutkan makanan lain penyebab jerawat?