Kamis, 29 Juni 2017

Cara Praktis Mencari NISN Siswa Secara Online

Posted on Kamis, 29 Juni 2017
Jendela Dunia |
Cara Cek NISN Siswa Melalui Internet


Cara mencari NISN siswa/ pelajar dengan mudah - NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional ialah sistem pengelolaan nomor induk siswa di seluruh Indonesia yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Pada hakikatnya , NISN akan diberikan pada penerima didik dari jenjang SD. NISN biasanya diharapkan untuk pengambilan nilai ibarat rapor atau nilai hasil ujian.

NISN terdiri dari sepuluh nomor unik yang selalu diawali dengan tiga angka yang merupakan tanggal lahir penerima didik tersebut. Semisal seorang penerima didik mempunyai nomor 0061234567 , berarti penerima didik tersebut lahir pada tahun 2006.

Penentuan dan perlindungan isyarat pengenal indentitas penerima didik tersebut didasari sumber data penerima didik yang telah divalidasi oleh tiap-tiap sekolah atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online melalui situs Kementrian Pendidikan Sosial dan Budaya.

Wajib baca: Cara Upgrade Windows 10 Gratis Legal!

NISN berperan penting sebagai isyarat pengenal penerima didik. Pada hakikatnya , pihak sekolah pasti menawarkan nomor NISN kepada penerima didik , baik melalui penerima didiknya pribadi atau melalui perantara orang renta siswa.

Sebelum ke topik utama (cara mencari NISN) , ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengenai tujuan dan manfaat Nomor Induk Siswa Nasional. Berikut ini ialah manfaat dan tujuan lengkap adanya NISN.


Tujuan perlindungan Nomor Induk Siswa Nasional

  • Mengidentifikasikan tiap-tiap individu penerima didik di seluruh sekolah di Indonesia secara standar , konsisten , dan berkesinambungan.
  • Sebagai sentra layanan sistem pengelolaan Nomor Induk Siswa secara online bagi unit-unit kerja di Depdiknas , Dinas Pendidikan Daerah sampai sekolah yang bersifat standar , tarpadu , dan akuntabel dengan berbasis Teknologi Informasi (IT) dan Komunikasi.
  • Sebagai sistem pendukung kegiatan Dapodik dalam berbagi program-program perencanaan pendidikan , statistik pendidikan , dan kegiatan pendidikan lainnya baik berada di sentra , provinsi , kota , kabupaten , bahkan sampai sekolah. Contohnya ibarat BOS (Bantuan Operasional Sekolah) , UN (Ujian Nasional) , Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan , Beasiswa , dan Sistem Informasi Manajemen Sekolah.

Dalam beberapa kasus , banyak penerima didik yang kelupaan akan nomor NISN-nya. Oleh karena itu , pada artikel ini akan dipaparkan gosip untuk penerima didik yang mungkin kelupaan atau kehilangan data NISN dan sedang membutuhkannya untuk tentang tertentu. Di sini akan saya bahas cara mengecek atau mencari NISN dengan mudah dan cepat melalui Internet serta melalui aplikasi di Android.

Cara mencari NISN siswa SD , SMP , dan SMA

  • Silakan merujuk pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.
  • Di sana terdapat dua opsi menu , yakni Pencarian Berdasarkan NISN dan Pencarian Berdasarkan Nama. Pilih opsi Pencarian Berdasarkan NISN bila Anda hanya ingin melihat data diri penerima didik ibarat nama , tanggal lahir , daerah lahir , dan lain-lain. Pilih opsi Pencarian Berdasarkan Nama bila Anda ingin mencari isyarat Nomor Induk Siswa Nasional Anda.
    Cara Mencari NISN Siswa Lewat Internet
  • Pada Pencarian Berdasarkan Nama , isi formulir dengan lengkap , teramsuk Nama Siiswa , Tempat Lahir , dan Tanggal Lahir. Semua wajib diisi biar pencarian lebih mudah. Lalu bila sudah selesai , klik tombol 'Cari' di bawahnya.
    Cara Mencari NISN lewat Internet
     
  • Lihat hasilnya.
Hasil pencarian NISN melalui Internet
Hasil pencarian.
Catatan: Situs kemdikbud.go.id sering down , lebih baik Anda menyimpan NISN yang telah Anda dapatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika waktu ingin mengecek NISN situs Kemdikbud sudah down terlebih dahulu dan Anda lagi benar-benar membutuhkannya , maka saya akan memberi cara lain yang juga sangat mudah untuk dilakukan. Ini beliau caranya.

Cara mengetahui NISN melalui aplikasi Android

  1. Khusus untuk pengguna Android , Anda dapat mengunduh aplikasi bernama Cek NISN pada tautan berikut: play.google.com/store/apps/details?id=ceknisn.w2n.popsi
  2. Nah , pada ketika memasuki aplikasi Android tersebut Anda akan mendapati tiga opsi yang mampu Anda pilih , yaitu Cek Dengan NISN , Cek Dengan QRCode , dan Cek Dengan Nama. Untuk Cek Dengan NISN dan Cek Dengan Nama sama saja dengan tutorial pertama , tetapi untuk Cek Dengan QRCode , Anda harus men-scan isyarat QR pada kartu NISN Anda , tentunya untuk memperoleh data-data penerima didik.
  3. Kalau sudah , tunggu loadingnya selesai , dan selamat , Anda menerima isyarat unik NISN Anda!
Cara cek NISN SIswa dengan aplikasi


Masih belum paham mengenai cara mengecek NISN di atas? Coba simak video di bawah ini!



Pertanyaan yang sering diajukan

Saya belum mempunyai NISN. Bagaimana cara memperolehnya? Jika penerima didik tidak memiliki , silakan unduh (unduh) Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 untuk pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) gres pada situs NISN Kemdiknas http://nisn.data.kemdiknas.go.id melalui menu FORMULIR PENGAJUAN; Mencetak formulir-formulir tersebut; Mengisi formulir-formulir tersebut secara manual; Menyerahkan kepada operator NISN/NPSN sekolah di mana siswa berasal; Bagi pihak sekolah dapat mengirim formulir A.1. tersebut ke PDSP melalui alamat E-mail: pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.

Kode NISN saya tidak ditemukan , bagaimana ini? Pastikan data-data yang Anda isikan benar , dan Anda telah terdaftar menjadi seorang siswa. Tetapi kalau ternyata memang tidak ditemukan , kemungkinan data yang dicari dengan data yang didaftarkan tidaklah sama. Coba konsultasikan pada pihak Kemdikbud-nya pribadi mengenai tentang ini dengan nomor telepon (021) 57904777 atau (021) 57904804. Cara terakhir , minta pada Tata Usaha/ kordinator sekolah , siapa tahu mampu dibantu.

Bagaimana cara mencetak NISN? Untuk tutorial tersebut , saya tidak dapat menjelaskannya di sini karena sudah out of topic. Tapi jangan khawatir , Anda dapat melihat tutorial di blog lain pada tautan berikut: Cara Cetak Kartu NISN.

Kode NISN saya sebelumnya ada kalau di cek online , tapi sekarang tidak ada. Kenapa? Mungkin Anda telah keluar dari suatu sekolah , atau Anda tidak terdaftar sebagai seorang pelajar lagi , atau pihak sekolah meminta pembatalan NISN Anda kepada Kemdikbud. Solusinya tanyakan pribadi pada kordinator sekolah atau pihak Kemdikbud.

Bagaimana kalau seorang pelajar memiliki NISN lebih dari satu? Bila NISN murid lebih dari satu itu tandanya NISN yang dipakai telah digunakan untuk alat manajemen dan validasi penerima didik di sekolahnya. Untuk NISN yang tidak dipakai , lebih baik segera laporkan kepada kordinator sekolah untuk meminta pembatalan secepatnya.

Ada pertanyaan lainnya seputar NISN? Silakan usikan pada kolom komentar!