Sabtu, 01 Juli 2017

10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dalam Seminggu

Posted on Sabtu, 01 Juli 2017
Jendela Dunia | Cara Menghilangkan Jerawat


Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan cepat - Jerawat ialah suatu penyakit di mana pori-pori kulit tersumbat yang menjadikan kantung benjol meradang. Dalam istilah medis , jerawat dikenal dengan sebutan acne vulgaris. Jerawat ialah salah satu penyakit yang paling banyak diderita. Albert Kligmann , seorang peneliti problem jerawat berfatwa ,"Tidak seorang pun di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat pada kulitnya."

Salah satu penyebab timbulnya jerawat ialah perubahan hormon yang memacu kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormon lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat ialah masa menstruasi , kehamilan , pemakaian pil KB , dan juga stres.

Semua orang tentu ingin memiliki wajah yang bersih , terhindar dari jerawat. Terkadang , penderita jerawat menjadi tidak percaya diri dengan fisiknya. Cara menggugurkan jerawat dalam waktu sekejap pastinya sangat diminatkan oleh tiap orang yang menderita penyakit jerawat.

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan jerawat , alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu perbedaan antara jerawat aktif dengan bekas jerawat.


Jerawat aktif vs jerawat pasif


Agar panduan membersihkan jerawat ini menjadi manjur , Anda harus ketahui dahulu perbedaan antara jerawat aktif dengan jerawat pasif atau yang dekat disebut dengan bekas jerawat.

1. Jerawat aktif

Istilah Jerawat aktif berarti jerawat yang masih hidup di suatu permukaan kulit dan dapat menyebabkan problem yang lebih kronis. Jerawat aktif tentu lebih berbahaya ketimbang jerawat pasif , jikalau Anda tidak melaksanakan tindakan pencegahan , besar kemungkinan jerawat akan berkembang biak.

2. Jerawat pasif

Jerawat pasif atau bekas jerawat ialah jerawat yang dahulunya aktif kini telah mati. Bekas jerawat sendiri sesungguhnya sudah tidak menjadikan ancaman apapun kecuali soal penampilan yang mungkin akan mengganggu.

Perbedaan antara jerawat aktif dengan jerawat pasif

Jerawat Aktif Jerawat Pasif
Terlihat merah menyala. Redup , warna merah mulai pudar dan berganti cokelat.
Bentuknya menonjol. Bentuknya mengempis.
Terkadang menjadikan rasa nyeri. Tidak menjadikan rasa sakit.
Bila disentuh , dapat sebabkan jerawat pecah dan keluar cairan. Bila disentuh , ada risiko kecil jerawat kembali jadi aktif.
Perangkat lunak ini membutuhkan Microsoft visual C++ 2010 dan DirectX End-User Runtime Web Installer.

Tadi kita sudah mempelajari pengertian dan perbedaan jerawat aktif dengan jerawat pasif , sekarang mari kita ketahui jenis-jenis jerawat.

Berbagai macam jenis jerawat

1. Komedo

Komedo ialah sebuah pori-pori yang tersumbat , bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead) , terlihat menyerupai pori-pori yang membesar dan menghitam. Sebaliknya , komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat menyerupai tonjolan kecil berwarna putih. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit yang mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

2. Jerawat biasa

Jenis jerawat ini mudah dikenal , tonjolan kecil berwarna merah jambu atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat oleh kuman jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di kanal kelenjar sebaceous yang tersumbat , yaitu di kawasan tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit.

Diberi nama propionibacterium karena bisa memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen , dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menjadikan iritasi pada kawasan sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap , kuas perias wajah , jemari tangan , dan telepon genggam. Stres , hormon , dan udara yang lembap juga dapat berpotensi memperbesar ukuran jerawat.

3. Jerawat batu (Cystic acne)

Jerawat kerikil ialah jerawat yang tumbuh besar , dengan peradangan jago , dan berkumpul di seluruh episode wajah. Penderita jerawat kerikil biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki kelenjar minyak yang sangat aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak , pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak dapat beregenerasi secepat kulit normal , memiliki respons yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Sumber: wikipedia.org

Yang terpenting dari semuanya ialah jangan pernah mencoba menyentuh atau bahkan memencet jerawat , karena justru akan berdampak lebih parah lagi.

Baiklah , tadi kita sudah membahas lengkap mengenai jerawat , ciri-cirinya , penyebabnya , dan perbedaan antara jerawat aktif dengan jerawat pasif. Sekarang , mari kita menuju topik utama postingan ini (cara membersihkan jerawat).

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat


1. Jeruk nipis atau lemon

Jeruk nipis ialah tumbuhan perdu yang biasanya berwarna hijau. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya biasanya untuk membersihkan cucian piring. Dibalik hal tersebut , ternyata jeruk nipis cukup baik untuk membantu membersihkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat menggunakan jeruk nipis terbilang cukup efektif.

Selain itu , jeruk nipis juga dapat membuat kadar minyak menurun , sehingga wajah terlihat lebih segar dan kencang.

Cara penggunaan:
  1. Sediakan jeruk nipis dengan tingkat kematangan sedang.
  2. Kemudian , belah menjadi dua bagian.
  3. Gunakan jeruk nipis dan oleskan ke seluruh episode permukaan kuliat yang terinfeksi jerawat.
  4. Diamkan beberapa ketika , lalu bilas menggunakan air bersih.
Proses membersihkan jerawat menggunakan jeruk nipis ini agak meninggalkan rasa perih yang tidak bertahan lama. Jika Anda tidak memiliki jeruk nipis , Anda bisa menggunakan lemon. Khasiat lemon dengan jeruk nipis hampir sama.

2. Tomat

Tomat merupakan buah-buahan berwarna merah yang biasa terkandung dalam makanan atau sayuran salad yang sering kita makan. Tomat berguna mencegah banyak penyakit , salah satunya penyakit jerawat.

Selain dapat digunakan sebagai obat jerawat , tomat juga bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat.

Cara penggunaan:
  1. Sediakan tomat yang matang dan berair.
  2. Belah menjadi dua episode , atau bisa juga diiris menjadi beberapa bagian.
  3. Usapkan potongan tomat ke permukaan kulit yang terinfeksi jerawat.
  4. Diamkan beberapa menit.
Untuk hasil yang lebih maksimal , gunakan irisan yang teratur.

3. Madu

Cara menghilangkan jerawat yang ketiga ialah dengan memanfaatkan madu. Madu ialah obat herbal yang bisa kita dapatkan di sarang madu yang dihasilkan lebah. Selain rasanya yang manis , madu juga berguna mengobati beberapa penyakit menyerupai halnya jerawat yang akan kita bahas hari ini ,

Madu mempunyai zat ambiotik yang sangat tinggi yang membantu mencegah infeksi serta penyembuhan yang efektif.

Cara penggunaan:
  1. Sediakan madu segar dan kapas yang bersih.
  2. Oleskan madu dengan kapas di sekitar permukaan kulit yang terinfeksi jerawat.
  3. Biarkan selama tiga puluh menit dan bilas dengan air bersih.
Jika jerawat semakin gatal dan memerah , maka hentikan pemakaian madu.

4. Lidah buaya

Mungkin Anda mengetahui pengecap buaya bermanfaat untuk kemulusan rambut , namun siapa sangka ternyata pengecap buaya sangat berguna untuk cara menghilangkan jerawat yang cukup efektif.

Cara penggunaan:
  1. Sediakan satu buah pengecap buaya segar.
  2. Irislah hingga hanya terlihat daging (tanpa kulit) menjadi beberapa potongan.
  3. Peraslah hingga menjadi gel dan oleskan pada permukaan kulit yang terinfeksi jerawat.
  4. Diamkan sekitar tiga puluh menit atau lebih.
  5. Hingga dirasa cukup , bilas dengan air bersih.
Lakukan hal ini secara rutin seminggu dua kali.

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat anti kuman yang dapat menyembuhkan peradangan pada kulit. Selain itu , bawang putih juga mengandung saltivine , sulfur , vitamin A , B1 , dan C yang bisa mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. 

Sebelum ke cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat , pastikan Anda rendam wajah Anda menggunakan air hangat.

Cara penggunaan:
  1. Sediakan bawang putih seperlunya.
  2. Siung bawang putih dan diparut hingga halus.
  3. Hasil parutan Anda taburkan pada permukaan kulit yang terkena jerawat. 
  4. Bilas menggunakan air bersih.
Lakukan hal ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

6. Hindari memegang jerawat menggunakan tangan telanjang

Lebih baik Anda hentikan memijit atau bahkan mengelupas jerawat karena dapat menyebabkan iritasi dan problem lebih lanjut. Seringkali tangan kita usil jikalau melihat jerawat pada wajah , tapi sebisa mungkin Anda harus menahan nafsu tersebut. Bila memang ingin memegang , gunakan sarung tangan plastik yang telah disterilkan.

Mengapa tidak diperbolehkan menggunakan tangan telanjang? Karena telapak tangan memiliki kuman dan kuman yang disebabkan oleh kegiatan keseharian kita. Alih-alih membuat jerawat hilang , justru membuat jerawat tumbuh kian membesar dan menjadi lebih 'ganas' lagi.

7. Cuci muka secara rutin

Salah satu penyebab munculnya jerawat ialah karena terkontaminasi dengan polusi , dan beberapa kotoran lainnya. Cara paling mudah untuk membersihkannya tak lain ialah membasuh wajah dengan air bersih rutin minimal dua kali seminggu. Kalau Anda mempunyai krim muka untuk menghilangkan jerawat , Anda dapat menggunakannya.Ingat , jangan menggunakan krim wajah yang tidak bagus , banyak sekali produk-produk tipuan yang dijual dengan harga cuma-cuma.

 Untuk melihat krim mana saja yang baik dan efektif untuk mencegah jerawat , Anda bisa membacanya di bawah artikel ini.

8. Perbanyak minum air putih

Manfaat air putih memang sangat banyak untuk kesehatan. Air putih dapat mengobati banyak sekali penyakit atau mencegah dari sesuatu yang tidak diinginkan , salah satunya jerawat. Jika badan Anda kekurangan air , maka sirkulasi darah akan terganggu. Air putih juga membantu mengeluarkan racun. Makara , mulai sekarang , rutinlah meminum air putih minimal delapan gelas perhari.

9. Kurangi mengonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan jerawat

Hasil riset mengatakan bahwa makanan tertentu positif menyebabkan keberlangsungan jerawat. Makanan menyerupai gorengan bisa menjadi sebab-akibat terjadinya jerawat karena sistem penggorengannya dan kadar minyaknya yang banyak. Tidak hanya gorengan , donat , kentang , susu skim , dan beberapa makanan lainnya juga bisa manjadi penyebab timbulnya jerawat.

Baca artikel makanan penyebab jerawat semoga lebih tahu makanan lain yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

10. Menggunakan produk untuk menghilangkan jerawat

Krim dan obat-obatan yang baik dan sempurna untuk mengobati penyakit jerawat adalah:

10.1. Radiance

Radiance merupakan formula khusus yang dibuat untuk rambut , kulit dan kuku tangan dan kaki. Radiance mengandung tumbuhan dulse , horsetail , daun sage , serta daun rosemary , tumbuhan ini mempunyai silikon herbal (27 ,9 mg per 100 gram) yang besar dan nutrisi lainnya yang penting bagi rambut , kulit , dan kuku.

Manfaat Radiance:
  1. Dulse (ganggang merah): Tinggi nutrisi , karoten dan polisakarida , memiliki sifat antioksidan. Membantu detoksifikasi & fungsi pembuangan.
  2. Horsetail: membangun struktur yang berpengaruh dan mencegah degenerasi rambut , kulit dan kuku. Membantu menyembuhkan luka luar , termasuk luka bakar.
  3. Rosemary: berisi flavonoid , asam phenolic dan minyak volatile yang berfungsi sebagai antiseptik , antibakteri dan antijamur. Membantu mencegah ketombe dan kebotakan.
  4. Sage: berisi flavonoid dan minyak atsiri yang mudah menguap , berfungsi sebagai antioksidan yang kuat.
  5. Campuran herbal kaya akan silikon , magnesium , kalsium , seng , besi , kalium , kromium , natrium , selenium , yodium & trace elemen lain yang penting untuk sistem struktural.
  6. Meningkatkan pemanfaatan kalsium yang tepat.

10.2. Liquid krolofil

Apa itu klorofil?

Klorofil ialah inti dari sayuran hijau yang merupakan nutrisi yang sangat vital & diperlukan badan insan sehari-hari. Kandungan nutrisi terpenting pada sayuran bantu-membantu terdapat pada klorofil.  

Liquid chlorophyll , minuman herbal alami dengan rasa mint yang menyegarkan. Diekstrak dari daun alfalfa (medicago sativa) yang disebut sebagai "Bapak segala tumbuhan" karena mempunyai kandungan klorofil sangat tinggi. Keunikan tanaman ini karena memiliki tinggi hanya 30 cm namun memiliki akar hingga 30 meter di dalam tanah dan bisa menyerap banyak kandungan nutrisi dan mineral penting yang sangat diperlukan badan manusia. Mengandung 60 jenis nutrisi sehingga sangat baik dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Satu sendok sendok liquid chlorophyl setara dengan mengonsumsi 1 kg sayuran.

#Bonus: Cara menghilangkan jerawat menurut Lifebuoy

Menurut Lifebuoy (sabun kesehatan terkemuka di Indonesia) , ada tiga langkah sehat yang bisa kita lakukan di sela-sela kegiatan untuk mengurangi dan membersihkan jerawat secara efektif. Cara tersebut meliputi:


Sumber: www.lifebuoy.co.id

Untuk lebih jelasnya , Anda bisa melihat video di bawah ini.



Nantikan update selanjutnya!