Minggu, 30 Juli 2017

13 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on Minggu, 30 Juli 2017
Jendela Dunia |
Terdapat banyak manfaat air putih bagi kesehatan.


Air merupakan unsur yang penting untuk kestabilan tubuh kita. Sekitar 60% berat tubuh kita terisi oleh air , artinya tubuh kita tidak akan berfungsi normal apabila tidak ada pasokan air yang cukup. Fungsi air dalam tubuh berperan penting dalam proses pencernaan , absorpsi , transportasi nutrisi , sirkulasi , mengeluarkan zat sisa metabolisme , memproduksi air liur , dan mempertahankan suhu tubuh. Itulah alasan mengapa insan dapat lebih bertahan hidup walau tidak diberi asupan makanan.


Selain itu , air juga dibutuhkan untuk memproses nutrisi yang diperoleh oleh makanan yang kita konsumsi. Kekurangan cairan pada tubuh dapat mengakibatkan sembelit , asma , alergi , hipertensi , duduk perkara ginjal , kulit mengkriput , migrain , dan masih banyak duduk perkara kesehatan lainnya. Lalu apa saja manfaat air putih? Ini dia!

13 manfaat air putih


1. Kelembapan kulit

Air penting untuk kelembapan kulit serta menunjukkan nutrisi untuk sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas. Ini dibutuhkan untuk Anda karena dapat menunda penuaan ibarat keriput dan garis-garis. Oleh karena itu , minum air putih mampu lebih menguntungkan ketimbang memakai krim wajah.

2. Penghilang haus/dehidrasi

Ini merupakan manfaat utama air , yakni menghilangkan atau meredakan rasa haus. Bisa dibayangkan tidak jikalau di dunia ini tidak ada air? Oleh karena itu , kita patut bersyukur kepada Allah Yang Maha Esa yang telah menunjukkan segala kenikmatan kepada kita. Allah mencabut satu kenikmatan saja semisal air , maka apa yang terjadi? Tubuh kita mampu dehidrasi karena kekurangan air.

3. Sumber energi

Mengonsumsi air yang cukup juga dapat membantu Anda untuk menambah energi. Misalnya , Anda habis berolahraga , tentu tubuh Anda letih. Lalu hal pertama yang Anda lakukan yakni mengambil beberapa gelas air untuk Anda konsumsi bukan? Setelah meminum air tersebut , tubuh kita seperti energinya telah kembali ibarat semula.

4. Mencegah kerikil ginjal

Tahukah Anda salah satu penyebab terjadinya penyakit kerikil ginjal disebabkan oleh sering mengonsumsi minuman berwarna ketimbang air putih? Lalu sebetulnya apa itu kerikil ginjal?

Batu ginjal yakni penyakit berupa terdapat kerikil-kerikil kerikil pada tubuh yang memungkinkan untuk masuk ke kanal pencernaan. Hiii.. kebayang nggak tuh sakitnya , masuk ke pencernaan? Yang pasti akan terjadi pendarahan di adegan pencernaan. Oleh karena itu , mulailah mengonsumsi secara rutin dan kurangi mengonsumsi minuman berwarna.

5. Mengeluarkan racun

 Dengan mengkomsi air pula kita dapat terhindar dari racun. Racun yang terdapat pada tubuh akan dikeluarkan melalui urin/keringan. Air putih juga dapat mengurangi risiko kerikil ginjal dan bisul kanal kemih.

6. Memperlancar sistem pencernaan

Buang air besar atau BAB merupakan aktivitas mengeluarkan sisa makanan pada tubuh. Aktivitas ini seharusnya dimulai setiap hari , karena itu merupakan menandakan tubuh yang sehat. Namun , banyak orang yang menderita susah BAB dikarenakan beberapa alasan. Nah , air putih ini dapat Anda jadikan obatnya karena seseorang yang sembelit dianjurkan untuk meminum air putih untuk bertujuan melancarkan buang air besar tersebut.

7. Menenangkan pikiran dan mood

Sedang stress berat? Ada duduk perkara dengan pekerjaan , tetangga , suami atau istri? Lekas minum segelas air putih yang dapat membantu Anda mengembalikan mood menjadi normal dan membuat Anda segar kembali.

8. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Tahukah Anda mengapa ketika orang berpuasa gigi dan adegan lisan lainnya menjadi bau? Faktor utamanya ialah jarang minum. Saat berpuasa kita tidak makan dan minum kurang lebih 14 jam , dan ketika berbukanya makanya dianjurkan untuk mengonsumsi air putih terlebih dahulu untuk memberi napas pada lisan Anda.

9. Mengurangi risiko terkena kanker

Kanker merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarat Indonesia. Terkait sistem pencernaan , beberapa bidang studi menyatakan bahwa dengan mengomsumsi air putih dapat membantu mengurangi kanker kandung kemih dan juga usus besar. Air putih dapat memperpendek waktu virus di dalam lapisan kandung kemih. Meski begitu , ada pro dan kontra dalam hal ini.

10. Menjaga berat badan

Memiliki berat tubuh yang ideal merupakan dambaan bagi pria maupun wanita. Bagi Anda yang ingin menyesuaikan tubuh , mulailah mengonsumsi air putih untuk mencukupi asupan air putih.

11. Meningkatkan sistem peredaran darah

Manfaat terakhir , air dapat membantu memperlancar dan meningkatkan sistem peredaran darah. Konsumsi air dapat membantu proses transportasi manusia.

12. Meningkatkan imunitas atau daya kekebalan tubuh

Mengonsumsi air putih secara teratur ternyata merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem imunitas kita. Sistem imunitas yang baik dapat melawan setiap subtansi berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

13. Membuat baka muda

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan , dengan meminum air putih pada takaran yang dianjurkan , maka tubuh kita akan terhindar dari ancaman dehidrasi. Sehingga dengan meminum air putih , akan membuat kita semakin terlihat baka muda. Apabila kita kekurangan air , maka tubuh akan terlihat kusam dan tumbuh garis-garis kerutan.


Dari yang disebutkan di atas , pasti masih aneka macam manfaat air putih bagi kesehatan tubuh. Dapatkah Anda menyebutkan salah satunya?