Selasa, 18 Juli 2017

Artikel Terkena Google Sandbox? Ini Cara Mengatasinya!

Posted on Selasa, 18 Juli 2017
Jendela Dunia |
Artikel Terkena Google Sandbox , Bagaimana Cara Mengatasinya


Cara mudah keluar dari Google Sandbox - Google Sandbox merupakan sebuah hukuman penalty dari Google yang diberikan kepada situs yang melanggar aturannya. Biasanya , situs yang terkena Sandbox ini mengalami penurunan trafik sebanyak 40-80%. Makanya Sandbox merupakan salah satu hukuman yang paling ditakuti oleh webmaster/ blogger.

Kok mampu trafik berkurang sampai demikian? Karena Google akan menghilangkan artikel Anda dari peredaran pencarian Google. Walau bekerjsama index situs Anda tidak lenyap , melainkan posisi artikelnya yang tidak akan ditemukan.

Biasanya yang terkena Sandbox ini merupakan situs-situs yang masih muda , tapi tidak menutupi bahwa situs yang sudah lama berselancar di Internet juga terkena penjara ini.


Sebenarnya Google Sandbox ini tidak terlalu berbahaya , karena Sandbox ini hanya bersifat sementara. Google hanya ingin mengecek apakah situs Anda melaksanakan atau tidak , dan juga Google ingin mengecek ke-relevanan dari artikel yang Anda buat. Bila artikel Anda melanggar , maka Google akan menurunkan posisi dari pencarian. Namun sebaliknya , kalau artikel Anda tidak melanggar , maka Google akan membebaskan dan mengembalikan posisi artikel Anda di pencarian menyerupai semula.

Penyebab Google Sandbox

Secara penyebab , biasanya Sandbox disebabkan oleh meningkatkan secara optimal yang gagal atau berlebihan , meliputi:

1. Optimasi yang berlebihan

Faktor utama suatu situs terkena Sandbox ialah terlalu sering mengoptimasi situs web/ blognya. Google tidak menyukai situs yang dioptimasi dengan tujuan semoga makin SEO yang terlalu berlebihan , menyerupai kata kunci yang banyak dalam artikel , link outbond dan internal yang berlebihan , dan banyak lagi.

2. Backlink yang berlebihan

Faktor yang sering terjadi juga ialah backlink yang diberikan secara berlebihan. Padahal sudah sering para master blogger mengingatkan semoga memberi backlink sewajarnya. Backlink yang wajar ialah tunjangan 1-10 backlink per hari.

3. Duplikat konten

Ini juga mampu menjadi penyebab situs Anda masuk ke perangkap Sandbox. Seperti yang diketahui , Google membenci situs yang copas sembarangan , tak menutupi situs-situs yang sudah terkenal. Oleh karena itu , kalau Anda memiliki artikel yang diduplikasi , lebih baik hapus artikel tersebut sebelum fatal akibatnya.

4. Terlalu sering melaksanakan Ping atau submit URL

Google tidak menyukai situs yang terlalu sering melaksanakan ping atau submit URL. Maka usahakanlah jangan terlalu berlebihan , sehari cukup sekali.

Zaman sudah semakin canggih , begitu pula Google. Google sudah tidak menyerupai robot lagi , melainkan menyerupai manusia. Bila Anda mencoba memanipulasi Google , lakukan dengan cara menyerupai Anda memanipulasi manusia.

Lalu bagaimana cara kita terbebas dari Google Sandbox? Simak di bawah ini!

Cara cepat keluar dari Google Sandbox

1. Sunting artikel

Lebih baik Anda edit lagi artikel yang telah Anda buat , perbaiki kata-kata yang tidak relevan , buanglah link-link yang tidak berguna. Lebih teliti lagi terhadap anchor text yang Anda buat. Perhatikan kepadatan kata kunci Anda.

2. Hentikan backlink untuk sementara

Pada persoalan ini , ada baiknya Anda menghentikan backlink untuk sementara waktu semoga situs Anda terbebas dari Google Sandbox. Bila memang tidak memungkinkan , kurangi saja tunjangan terhadap situs Anda. Dan jangan membuat backlink dari situs yang mempunyai reputasi buruk. Buatlah backlink yang berkualitas.

3. Submit ulang ke Google Webmaster

Terakhir , Anda submit ulang artikel Anda ke Google Webmaster dengan tujuan berharap semoga artikel kembali menempati posisi yang sebelumnya.