Senin, 03 Juli 2017

Cara Mengakses Wikipedia Secara Offline

Posted on Senin, 03 Juli 2017
Jendela Dunia |
Cara Mengakses Wikipedia Secara Offline


Cara buka Wikipedia offline tanpa Internet - Pengguna Internet manalah yang tidak mengetahui Wikipedia , sebuah situs yang menyediakan jutaan artikel mengenai ensiklopedia multibahasa terlengkap yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation. Wikipedia telah dipercaya oleh miliaran umat dan menjadi situs ensiklopedia favorit Google.

Jelas saja , misal kita diberi peran naskah , pasti dipikiran pertama kita yaitu melaksanakan pencarian di Google untuk menerima informasi. Ketika kita menelusuri maka kita akan mendapati situs Wikipedia berada pada posisi teratas dan terkadang muncul isu di sampingnya , atau yang biasa disebut dengan Rich Snippet.

Wikipedia di mesin telusur Google
Wikipedia di pencarian Google.

Sekarang , ada kabar baik sebab Wikipedia dapat diakses melalui offline alias tanpa koneksi Internet. Makara , ketika kita sedang membutuhkan isu , tidak perlu menyalakan koneksi Internet , cukup mengaksesnya eksklusif dari file yang telah diunduh.


Sebenarnya hal ini bukan pengumuman resmi dari pihak Wikipedia , melainkan sebuah trik saja melalui beberapa cara. Trik ini dianjurkan bagi Anda yang sering menggunakan tanpa koneksi Internet.

 Inilah cara untuk mengakses Wikipedia secara offline dengan mudah dan cepat.

Cara mengakses Wikipedia secara offline


1. Pertama , Anda harus mengunduh terlebih dahulu database dalam bentuk file XML dari seluruh artikel yang terdapat pada Wikipedia. Simpan file dengan mengklik tautan di bawah ini.

2. Setelah itu , sekarang kita perlu mengunduh WikiTaxi. Software inilah yang akan menjadi tampilan dari Wikipedia offline. Untuk mengunduhnya , klik di sini.

3. Jalankan WikiTaxi Importer yang tadi diunduh , lalu impor database bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Jangan lupa untuk memilih lokasi mana untuk disimpan pada scroll kedua.

Wikitaxi
WikiTaxi Importer

Klik Import Now!

5. Lanjut , jalankan file database yang tadi dibuat. Pada tutorial ini , nama databasenya yaitu dewiki.taxi. Setelah dibuka , pilih tombol Options > Open *.taxi Database...

6. Selamat , Anda dapat menelusuri ensiklopedia bebas Wikipedia secara offline!

Wikitaxi Wikipedia
Wikipedia offline dengan WikiTaxi

2 Kekurangan WikiTaxi


  1. Ukuran yang cukup besar mencapai 305 MB untuk bahasa Indonesia , dan 11 GB untuk bahasa Inggris
  2. Tidak menampilkan foto pada artikel , jadi kita tidak dapat melihat gambaran eksklusif dari konten yang ada di Wikipedia.

Bagaimana pendapatmu setelah memakai WikiTaxi? Tuangkan di komentar!