Rabu, 19 Juli 2017

Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Posted on Rabu, 19 Juli 2017
Jendela Dunia |
Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar



Tanda datangnya Malam Lailatul Qadar - Salah satu keutamaan bulan Ramadhan yaitu adanya Lailatul Qadar , malam yang lebih baik dari seribu bulan. Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat istimewa bagi umat muslim , oleh alasannya yaitu itu , orang berbondong-bondong menyiapkan segala amal baiknya semoga mampu menerima Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar yaitu di mana para malaikat-malaikat turun ke muka bumi untuk mencatat segala perbuatan sholeh umat manusia. Yang beribadah pada malam itu maka pahalanya akan dilipat gandakan lebih dari 30.000 kali lipat atau setara dengan beribadah terus-menerus selama seribu bulan atau lebih dari 83 tahun. Subhanallah , Maha Suci Allah.


Malam ini memang istimewa. Dalam kitab suci Al-Quran menandakan bahwa do'a yang dipanjatkan pada malam tersebut Insya Tuhan akan dikabulkan. Maka tak heran banyak orang yang mencari malam tersebut.

Namun daripada itu , ternyata Tuhan SWT merahasiakan malam tersebut. Tak ada satupun surah atau hadist yang menjelaskan ihwal waktu terjadinya malam Lailatul Qadar , sehingga insan tidak akan pernah tahu kapan terjadinya Lailatul Qadar. Walau begitu , para ulama menawarkan beberapa penjelasan mengenai waktu datangnya malam Lailatul Qadar ini.

Akan tetapi , para ulama berbeda pendapat mengenai kapan waktu Lailatul Qadar tiba. Ada yang menyatakan bahwa Lailatul Qadar dapat datang pada malam kapan saja di bulan Ramadhan. Ada juga yang menyatakan bahwa Lailatul Qadar terjadi pada malam 10 hari terakhir di bulan Ramadhan , ibarat yang terdapat pada hadist shohih di bawah ini.

"Beliau (Rasulullah SAW) bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan , melebihhi kesungguhan dia pada waktu lainnya." (HR: Bukhari)

Dari Abdullah bin Umar , Rasulullah SAW mengatakan: "Barang siapa yang ingin menjumpai Lailatul Qadar , maka hendaklah ia mencarinya pada malam ke dua puluh tujuh (bulan Ramadhan)." (HR: Ahmad)

Berdasarkan ke dua hadist di atas , Lailatul Qadar akan terjadi di malam ke-27 bulan Ramadhan. Namun , perbedaan penentuan awal mulai 1 Ramadhan membuat kita tak mampu mengakibatkan pendapat itu mutlak.

Lalu bagaimana kita mampu tahu kapan malam itu datang? Inilah tanda-tanda malam Lailatul Qadar berdasarkan petunjuk yang diberikan Rasulullah SAW.


Tanda-tanda malam Lailatul Qadar


1. Pagi hari yang tenang

Matahari akan terbit pada pagi harinya dengan suasana yang teduh , jernih , adem , dan angin berembus segar dengan suasana yang tentram. Sesuai dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas , bahwa Rasulullah SAW bersabda: ""Lailatul Qadr yaitu malam tentram dan tenang , tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu hirau taacuh , esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah."

2. Cahaya Matahari melemah pada keesokan harinya

Pada keesokan hari setelah pagi yang tenang , cahaya Matahari bersinar cerah tapi tidak terlalu kuat. Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka'ab , Rasulullah SAW pernah bersabda: "Keesokan hari malam lailatul qadar matahari terbit sampai tinggi tanpa sinar kolam nampan."

3. Seluruhnya tunduk dan bertasbih

Pada perihal ini , ada yang berpendapat bahwa ketika Lailatul Qadar datang maka suasana pada malam itu seolah-olah itu berbeda dari biasanya. Di mana pada malam itu akan terasa syahdu , dan seolah-olah seluruh ciptaan Tuhan SWT tunduk dan memuja-Nya.

4. Malaikat akan turun dengan kedamaian


Pada malam itu , para malaikat akan menurunkan ketenangan sehingga umat insan dapat mencicipi kenikmatan ketika beribadah , yang tidak terdapat pada hari-hari lain.

5. Terkadang terbawa mimpi

Seperti yang dialami oleh sebagian sobat Nabi. Mimpi di sini bukanlah mimpi biasa , namun mimpi  yang membuat kita semakin yakin bahwa pada hari itu terjadi Lailatul Qadar. Biasanya mimpi tersebut berupa malam yang tenang , tenang , dan tentram.


Semoga Tuhan memudahkan kita untuk meraih satu malam istimewa ini. Amin , amin Ya Rabbal A'lamin.