Kamis, 27 Juli 2017

Tips Aman Berbelanja Online di Internet

Posted on Kamis, 27 Juli 2017
Jendela Dunia |
Tips Aman Berbelanja Online di Internet


Cara online shopping di Internet yang aman - Kehadiran Internet menjadi sangat nge-tren dan terkadang memberi kemudahan. Mulai dari urusan ekonomi , mengobrol dengan seseorang , bermain game online , hingga dengan berbelanja online di Internet (online shopping).

Secara global , jumlah masyarakat yang membeli barang melalui Internet terus meningkat dikarenakan fasilitas dalam prosedurnya. Kebayang nggak , beberapa tahun ke depan mungkin toko-toko tradisional akan tutup dan digantikan oleh toko online ini? Mungkin saja.

Berbelanja online juga sangat menyenangkan alasannya ialah kita mampu melihat pribadi detail barang tanpa khawatir harus kehabisan waktu. Anda dapat melihat-lihat barang lain juga sepuasnya.

Dibalik itu semua , namun penipuan terhadap transaksi tetap menjadi dilema utama. Tentunya , Anda ingin terhindar dari penipuan-penipuan tersebut bukan? Lantas bagaimanakah cara aman shopping online di Internet? Mari simak berikut!

Cara aman shopping online

1. Cek domain yang dipakai

Ini sangat penting makanya saya urutkan pada sub pertama. Sebelum melaksanakan transaksi apapun dengan si pelaku , alangkah baiknya bila Anda mengecek dulu domain situs web tersebut yang dipakai. Bila situs online shop itu memakai sub domain .blogspot.com , .wordpress.com , .co.vu. .ga , lebih baik Anda tinggalkan saja dan cari situs online shop lainnya. Tapi bila situs online tersebut memakai domain .com , .net , .co.id , .org , .web.id , dsb. Anda dapat memercayainya.

Mengapa begitu? Karena sub domain .blogspot.com , .wordpress.com , .co.vu , .ga ialah domain gratis. Coba deh pake nalar Anda , masa online shop pake domain yang gratis? Padahal seharusnya situs itu sudah merenggut banyak keuntungan dari transaksinya bukan? Masa' masih pakai yang gratis?

2. Harga yang pantas dan sewajarnya

Pada kasus ini , jangan hingga Anda tergiur dengan harga yang terjangkau dan akrab dengan dompet Anda. Oleh alasannya ialah itu , coba Anda teliti harga yang ditawarkan si penjual ialah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah , namun juga tidak terlalu mahal. Kaprikornus lebih baik Anda hentikan saja pembelian yang memperlihatkan harga yang tak masuk akal.

3. Kredibilitas Merchant

Hal kali pertama yang mampu Anda lakukan ialah memperhatikan saat melaksanakan transaksi di Internet ialah dengan melihat kredibilitas perusahaan yang bersangkutan. Jika kredibilitasnya rupawan , maka mampu Anda lanjutkan.

Bagaimana melihat kredibilitas merchant? Anda mampu bertanya kepada orang yang pernah memakai jasanya. Atau Anda juga mampu melihat review-review yang ada di Internet.

Merchant yang kredibel biasanya berani menampilkan alamat lengkap beserta media-media kontak yang diharapkan dan selalu siap sedia dimintai dukungan kapan saja. Namun jangan pula mengakibatkan reputasi rupawan sebagai patokan seller tersebut terpercaya. alasannya ialah walau reputasi rupawan tidak menjadi jaminan apakah penjual tersebut terpercaya atau tidak , tapi tidak ada salahnya untuk lebih waspada jikalau penjual belum mempunyai reputasi , apalagi jikalau reputasinya jelek.

4. Memilih situs belanja online yang telah terpercaya

Tips Aman Berbelanja Online di Internet
Ada baiknya Anda hanya membeli produk di situs-situs terkenal dan sudah terpercaya saja. Misalnya Lazada.co.id (ini bukan promosi ya). Mengapa saya bilang Lazada terpercaya? Karena pelayanannya mengutamakan kesenangan pembeli ketimbang keuntungan. Saya sudah pernah membeli produk 2 jam tangan , lalu saya membayarnya dengan kartu kredit saya. Setelah barangnya datang , ternyata jam tersebut terlalu besar ukurannya dan tidak cocok untuk tangan saya. Akhirnya saya menghubungi customer care-nya dan mengatakan bahwa barang dapat dikirim kembali , dan uang saya kembali 100%. Inilah situs belanja online yang seharusnya ada.

Selain Lazada , ada juga Amazon.com. Bedanya , situs belanja online ini harus menggunakan US dollar , dan pengirimannya juga terbilang agak lama alasannya ialah jauh dari lokasi Indonesia.


Penipuan dapat terjadi dimana saja , bukan hanya di dunia maya , bahkan dalam transaksi jual beli secara pribadi pun masih tidak menutup kemungkinan mampu tertipu. Oleh alasannya ialah itu , kita sebagai pembeli harus berhati-hati dalam membeli suatu barang. Usahakan untuk situs web belanja online yang kurang terpercaya jangan transfer uang terlebih dahulu , untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah artikel yang berjudul Tips Aman Berbelanja Online di Internet , supaya ulasan ini dapat bermanfaat.