Jumat, 04 Agustus 2017

Mengapa Susunan Huruf Keyboard Tidak Berurutan? Ini Jawabannya!

Posted on Jumat, 04 Agustus 2017
Jendela Dunia |

Keyboard dalam pengaplikasiannya dalam sebuah mesin ketik , komputer , maupun smartphone , nampaknya sudah menjadi keakraban kita sehari-hari. Walau susunan keyboard yang tidak urut sesuai huruf , nampaknya menjadi suatu hal yang sudah biasa kita jumpai pada setiap komputer atau peralatan gadget lainnya.

Keyboad sendiri sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Semua yang terkait dengan penulisan melalui perangkat digital , keyboard menjadi tulang punggung dari kesemuanya.


Lantas pertanyaannya yakni , mengapa susunan huruf pada tombol keyboard tidak sesuai huruf urut ABCD saja? , dan kenapa urutannya harus QWERTY?

Perlu diketahui , Bahwa keyboard pertama kali ditemukan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868 , tentunya masih dalam bentuk yang sederhana. Untuk mendukung kinerjanya , mesin ketik tersebut masih memakai tangkai , Sehingga ketika tangkai tersebut ditekan maka akan bergerak dan mencetak huruf pada kertas yang sudah disediakan.

Christopher pada awalnya membuat tombol keyboard dengan menggunakan huruf huruf berurutan ibarat ABCD. Dengan susunan itu , ia mengakui banyak orang yang mudah menggunakan mesin ketiknya karena sudah hafal komposisi abjad.

Namun Christopher balasannya menemukan persoalan yang sangat mengganggu sekali. Susunan tombol keyboard dengan huruf berurutan ternyata mengakibatkan mesin ketik sering macet , terlebih dikala melaksanakan penggantian baris. Hal tersebut disebabkan karena terlalu mudah dan cepatnya orang mengetik menggunakan tombol keyboard yang berurutan sesuai abjad.

Masalah yang serius tersebut yakni pada masing-masing tangkai keyboard selalu berhimpitan dan mengakibatkan mesin ketik acapkali macet pada gardan. Akhirnya keyboard besutan Christopher disempurnakan oleh seorang ilmuwan E. Remington berhasil mengacak huruf tombol pada keyboard menjadi susunanan QWERTY. Cara ini ternyata efektif untuk menanggulangi kerusakan mesin ketik pada masa lalu , dan tetap efektif dan masih digunakan sampai kini.

Nah , walaupun sekarang telah ada perangkat digital yang tak lagi menggunakan tuas mesin ketik , namun huruf QWERTY masih diaplikasikan pada semua perangkat digital.


Sumber: https://www.lintas.me/fun/other/editor/ini-jawaban-mengapa-susunan-huruf-keyboard-tak-berurutan